Superkilen Park, Copenhagen

suk_image_by_iwan_baan_26

Superkilen by BIG, Superflex, & Topotek 1 (sumber gambar: http://www.archdaily.com)

“Saya tidak suka bermimpi. Saya lebih suka terjaga untuk mengejar cita-cita. Kalau kata Rudy Habibie, “daripada menyebutnya mimpi, saya lebih suka menyebutnya cita-cita, karena itu akan dapat saya gapai.”

Sebagai pribadi yang menyukai dunia jalan-jalan, tentu membuat wishlist tempat impian yang ingin saya kunjungi adalah hal yang lumrah. Terdapat 100 tempat di dunia yang ingin saya kunjungi bila Tuhan memberikan kesempatan. Salah satu tempat itu adalah urban space Superkilen yang terletak di Copenhagen. Awalnya, tempat ini mencuri perhatian saya karena warnanya yang begitu mencolok. Warna-warna seperti ini tidak umum berada dalam satu kawasan karena warnanya tidak ‘netral’.

Ketika saya berada di dunia proyek, warna-warna seperti ini sangat sulit tembus desainnya dengan alasan warna ini tidaklah normal dan tidak bisa diterima semua orang. Berbeda dengan warna standar seperti biru atau kuning atau kami menyebutnya warna-warna aman.

BIG adalah salah satu starchitect yang keberadaannya seringkali diprotes oleh sebagian lingkungan saya. Desain-desain yang nyentrik dan kadang tidak kontekstual hingga beda sendiri membuat BIG bukan menjadi sosok arsitek kesukaan kami. Namun, bagi saya pribadi, proyek ini membuat pandangan saya tentang BIG berubah. Bukan seketika lantas suka, namun berusaha memahami perspektif yang lain dan tidak menutup kemungkinan atas desain apapun yang terjadi di muka bumi ini.

Superkilen yang berada di Copenhagen ini terbentang seluas 30.000 m2 pada tahun 2012. Proyek ini mem

 

Referensi
http://www.archdaily.com/286223/superkilen-topotek-1-big-architects-superflex
http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Kabar/Info-Properti/Merayakan-Keragaman-Dunia-di-Ruang-Publik-SUPERKILEN
http://www.detail-online.com/article/three-colours-red-black-green-landscape-park-in-copenhagen-16511/

 

Advertisements

Travel Diary: Satu Hari di Gili Trawangan

when in Gili Trawangan.

Cerita dari Gili Trawangan yang begitu membekas adalah snorkeling pertama kali bersama Mama dan Papa. Melihat penyu berenang saat kita snorkeling ke area yang dalam (dan dasar lautnya mulai gelap, hehe). Kita dapat tiga kali spot snorkeling dan yang terakhir Mama udah cape karena memang arus di spot kedua sangat deras. Di spot terakhir ikannya banyak sekali apalagi waktu rotinya ditabur, semua bergerumbul. Setelah snorkeling dan masih menggunakan baju itu (ha ha), kita naik sepeda mengintari pulau. Menyenangkan sekali bermain bersama matahari dan angin sore. Kalau ditanya ada kejadian apa, banyak sih! Jadi perjalanan ke Gili hanya kita tempuh satu hari. Kita berangkat pagi dan pulang selepas magrib. Tertakjub-takjub karena banjir bintang malam itu, kacamata saya nyemplung ke laut. Untuk diketahui bahwa saya selalu saja melakukan hal ini, tidak sengaja nyemplungin kacamata ke laut. Nggak tahu kenapa bisa begitu, untung waktu di Karimata (Kalimantan) tidak ada kejadian seperti ini. Nah, tadinya bibir pantainya tidak sebersih dan serapi sekarang. Sejak ganti pemerintahan, bibir pantai dibersihkan dan kita bisa leye-leye di sepanjang bibir pantai. Tapi dengar-dengar sih kita harus hati-hati, karena sisa dari merapikan bangunan dari bibir pantai itu masih ada, contohnya ada beberapa paku yang masih berada di sekitar pasir. Disarankan menggunakan sandal saat menyusuri pantai, hehe.

Lombok, 2016.

Midnight Talk: Telpon Dari Pulau Seberang

Niatnya malam ini mengerjakan bab 2 alias tinjauan pustaka. Mengeset jam, menentukan target, dan membuat kopi dari air yang tidak lagi panas (tapi ternyata tetap enak). Segala angan ini buyar seketika saat sebuah telpon masuk, sebenarnya lumayan sih karena jam 23.00-01.00 adalah jam-jam kritis saya, jam super ngantuk. Sahabat saya dari Lombok menelpon, setelah berkali-kali gagal karena belakangan jam tidur saya seperti anak SD.

Seperti biasa, obrolan kami random. Tidak pernah ada tujuan yang jelas kenapa malam ini kita harus ngobrol sampai berjam-jam. Sampai di titik, “Heh, ini yang nelpon siapa siapa tapi yang mendominasi cerita siapa? Jangan tanya-tanya aku terus lah, gantian kamu yang cerita!” Terus porsi cerita dia ternyata tidak seberapa banyak juga, karena saya menyudahi dengan fakta “Hari ini aku bimbingan, udahan dulu ya nanti kita ngobrol lagi.”

Midnight talk malam ini bahan mentahannya dari obrolan dua orang ngantuk. Satunya sedang mengerjakan tesis dan yang satunya sedang bingung harus ngapain karena besoknya cuti. Obrolan yang berlangsung hampir dua jam ini membuat satu dari kami ngobrol sampai merem-merem.

A: Manusia itu memang suka begitu. Harapan yang membuat mereka terus hidup. Harapan itu yang membuat langkah-langkahmu begitu mantap dan optimis untuk dijalani.

M : Emang iya? Iya sih. Tapi gimana ya, rasanya enggak punya harapan tuh kayak kita berjalan tanpa tujuan. Gimana caranya kita tahu kita sudah ada di step mana kalau kita tidak punya suatu harapan? Ya emang yang paling salah kalau berharap sama manusia. Gitu kan maksudnya?

A: Haha ya itu kamunya aja emang suka aneh. Bukan aneh sih, emang hobi mungkin dibuat memiliki perasaan yang gaenak kaya gitu dan logika yang gagal ditransformasikan jadi tindakan nyata.

A: Intinya kamu nggak perlu berubah jadi orang lain, Mba. Tetap aja jadi kamu yang good vibe kaya gini. Kamu kaya gini aja aku udah seneng ngobrol sama kamu karena jarang ada orang yang betah dengerin temennya ngobrol ngalor ngidul berjam-jam kaya kamu gini. Kamu akan selalu dianggap spesial sama orang yang emang nganggep kamu spesial, tenang aja.

M: Dih, orang aku nggak pernah berusaha jadi orang lain kok. Aku ya gini-gini aja, nggak pernah pernah kemana-mana dan gimana-gimana, hehe

A: Makanya itu, kalo ada orang yang minta kamu berubah, aku sebagai koncomu bilang nggak usah. Ya itu kalo kamu mau dengerin aku sih, kan aku bukan koncomu. Terus juga, pantai bulan depan itu sebenernya kado buat kamu, tapi aku gak mau sok-sok suprise gitu. Udah tenang aja, itu kado buat kamu dan hadiah semoga kamu segera sidang.

M: Hwkwk apaan sih! Kamu circle ku lah! By the way, makasih banyak kadonya!!! Kok kadonya membahagiakan gitu sih hahaha semoga semakin banyak rejeki yaa

A : Oh iya, kamu tahu ga sih logika terbalik?

M : Iya tau, sering banget denger malah. Kenapa?

A : Gapapa, kalo kamu sadar, mungkin lingkunganmu sedang menggunakan logika itu tapi kamunya nggak sadar. Kalo kamu sadar, kamu akan lebih mengerikan dari sekarang sih.

M : Mengerikan gimana deh? Kok serem, haha

A : Udah. Jadi kaya gini aja, aku gak mau ngasih tau.

Teringat akan tanggung jawab, akhirnya kami mengakhiri obrolan dengan tertawa dan pesan-pesan bahwa sebagai manusia masing-masing dari kita berhak bahagia. Bahwa ia berhak menjadi dirinya sendiri dan diterima oleh orang lain. Ketika tidak suka, maka tidak sukalah dengan pemikirannya bukan orangnya. Dan selalu ada orang-orang yang menerimamu apa adanya, menjadikan dirimu prioritas, dan selalu berusaha menghiburmu dengan waktunya. Maka, terima kasih telah tinggal dan terima kasih atas kiriman gambarnya sebelum tidur.

41540
Susah banget Cha ngasih tau kamu. Batu.

Setting Ruang Bandung yang Ajaib

DSCF9771

Ini adalah Budaraa. Sebuah ruang di Kota Bandung yang dibentuk dari dinding-dinding yang ditempel dengan berbagai pernik hingga mampu menghasilkan kesan ruang hangat dan menerima siapapun yang masuk ke dalamnya. Unsur etnik dan perabot yang ‘nyentrik’ membuat ruang-ruang pada Budaraa terbentuk seperti rumah khas nenek yang selalu membuat kita ingin pulang kampung. Ternyata, kehangatan yang didapatkan dari Budaraa tidak hanya berhenti dari segi arsitektural saja. Semesta mendukung bagaimana tempat ini terbentuk. Terpikirlah sebuah komponen pembentuk yang tidak kalah ajaib dan mampu membuat ruang ini menjadi syahdu hingga candunya membuat makhluk yang ‘terjebak’ di dalamnya larut dalam alam pikirannya sendiri hingga rindu pada sosok seorang mantan. Cuaca.

Bandung termasuk kota yang selalu saya tertawakan perihal cuacanya. Di Antapani atau daerah Bandung Timur, hawa hangat merasuk bersamaan dengan aspal yang tidak punya pembayangan karena daerah ini kurang pohon. Berbeda dengan sisi Utara Bandung yaitu daerah Dago dan kesananya yang sekarang sudah mulai dibabat (hampir) habis demi komersialisasi kafe yang memanjakan si pendatang pencari udara dingin. Daerah ajaib (Dago) ini punya cuaca tersendiri yang sepertinya tidak masuk dalam ramalan cuaca yang biasa kita dapatkan dari berita di televisi ataupun koran. Jadi, saya suka berkata “Ya sudahlah Dago, terserah kamu saja mau punya cuaca seperti apa. Di bawah hujan, di atas tidak hujan.”

Budaraa tidak akan jadi Budaraa bila ia tidak diletakkan di Kota Bandung. Budaraa juga tidak akan jadi Budaraa jika ia tidak terletak di struktur ruang Jalan Bukit Dago Utara. Terlebih ketika saya berpikir, apakah sebuah Yogyakarta akan mampu membentuk Budaraa yang sedemikian hangat namun memiliki angin pegunungan yang menyejukkan? Setting ruang itu memang ajaib, tidak bisa dicuri, diganti, di-infill dengan apapun. Maka tone-tone hangat seperti ini, yang tercipta di foto, bisa didapatkan hanya karena Budaraa ada di sini! Wajar ketika kita mendesain suatu ruang atau kawasan, analisis cuaca menjadi penentu bagaimana ruang tersebut akan terbentuk. Analisis kawasan yang sangat-sangat ramah terhadap alam, namun pada kenyataannya gemar menjahati alam, menjadi faktor krusial di mana bukaan, beton, batu, kayu, dan segala material itu ditempel atau dipasangkan. Walaupun kalau dilihat sebenarnya Budaraa tidak memiliki satu analisis khusus bagaimana si pintu satu itu bisa ada di sisi tepat di depan saya duduk (hehe).

random. 

Bandung, 27 Desember 2017.

Afternoon Talk: Kita Dalam Skenario Orang Lain

Tidak terasa liburan telah tiba. Oh My… Kayak engga percaya gitu sih sebenernya kalau semester 3 sudah selesai saya lewati. Di akhir tahun ini saya mendapatkan banyak-banyak-banyak pelajaran yang membuat saya menjadi pribadi yang ‘baru’ dan insya Allah lebih bijak dalam menilai sesuatu. Di hari terakhir pengumpulan tugas, sore ini didedikasikan untuk keluar bersama Bima. Bima itu teman SMA, teman satu OSIS, yang dulunya kita engga deket (sama sekali, cuma tahu dan paling ngobrol seadanya). Ternyata pas kuliah S2, kita sekelas, sejurusan, dan sempat sekelompok satu kali di studio pertama. Saya selalu merasa, dia adalah pribadi yang sangat unik dan terengga peka di circle saya.

“Pengen burger, Cha”
“Ayok!”

Bandung lagi macet banget, apalagi ruas jalan Dago yang menjadi salah satu ruas utama di kota ini, jadi engga usah heran kenapa kok ini jalan bisa macet. Cuaca hari ini tergolong cerah sekali. Sambil ketawa-ketawa, kita menerobos Bandung yang anginnya sedang ramah (sepertinya sih menyambut hati kita yang sedang berbahagia). Bima sempat mainan dan menertawakan kenapa warna helm (pink) saya norak banget, bikin mata silau, tapi karena yang pakai saya jadi ya sudah biasa. Dari Bima, banyak sudut pandang menarik yang hampir tidak pernah saya dapat dari orang lain. He’s someone from out there, not from our world sih kayaknya.

Sore ini kita ngobrol, saya cerita kalau kemarin baru nonton film ‘Imitation Game’. Film yang diangkat dari kisah nyata seorang figur yang namanya Alan Turing ini sempat membuat saya mindblowing selama satu hari karena kesal. Kenapa kesal? Ternyata segala sesuatu itu, bahkan pikiran, bisa direkayasa. Walaupun satu dari sejuta percobaan kita untuk merekayasa itu baru bisa berhasil, tapi ternyata ada aja yang berusaha atau mencoba untuk bermain sama pikiran kita agar mendapatkan tujuan yang dia inginkan. Secara tidak sadar, ternyata kita bener-bener bisa ada di posisi yang dia ‘rencanakan’ untuk kita, tapi totally kita engga sadar kalau ternyata itu sudah dia arahkan. Wah gila sih ini, entah ini gila atau saya yang tidak pernah mencoba untuk seperti itu.

“Kadang gue suka bingung gitu sih, Cha. Padahal kenyataannya A, tapi kita bisa dihadapkan sama orang yang luwes banget ngomongnya dan bikin seolah-olah kenyataannya adalah B. Dulu gue pernah dihadapkan sama orang yang kaya gitu. Itu bukan kebetulan sih, itu bisa dilihat dari jawaban kita ketika kita nanggepin dia. Gestur kita juga bakal keliatan sama si orang yang merencanakan itu. Ketika gestur kita A, dia akan jawab apa. Ketika gestur kita B, dia akan bertindak apa. Gue sendiri belum bisa sampe ke tahap kaya gitu sih, karena kalau gue ya ngalir aja gitu orangnya, jarang pake rencana.”

“Ya kan sama aja kaya gue. Gue kan bukan tipikal yang bakal tahu isi labirin otak lu apa. Bukan orang yang akan nge-set keadaan kaya apa untuk mendapatkan tujuan yang gue mau. Gue juga belum tahu bisa di mana gue blocking jalan dalam labirin otak lu karena gue juga gak berusaha memetakan labirin lu dalam otak gue. Oke, misalnya gue punya satu harapan atas kondisi yang gue ciptakan. Tapi buat gue, ya harapan itu jadi harapan aja bukan jadi satu tujuan yang ingin gue dapatkan di kondisi yang gue ciptakan saat itu. Fleksibel gitu sih, over flexible but iam not a dead fish flows with the stream juga. Ya gitulah, ngerti kan yang gue maksud? Gue semakin merasa dunia yang gue jalanin ini cuma secuil dari dunia yang sebenernya. Banyak banget orang pinter di luar sana yang bisa mengoptimalkan otaknya untuk memetakan isi otak orang lain ke dalam otaknya sendiri.”

Terus kita berdua sama-sama bengong, lebih ke diem. Kita mikir apa kita pernah ya jahatin orang sampe masukin orang itu ke dalam skenario hidup kita untuk mencapai tujuan kita? Sebenernya gapapa sih kalau kita masukin dia jadi peran yang menguntungkan untuk dia juga, tapi kalau engga, gimana? Dia rugi dong kalau sampai tujuan kita tercapai?

Keseimbangan memang tidak memungkinkan untuk kita menaikan segala variabel dalam kehidupan kita menjadi positif semua. Namanya juga keseimbangan, yang artinya kamu membutuhkan positif dan negatif dalam dunia kamu. Sama seperti dunia ini kan, ada kutub utara ada kutub selatan. Kita emang kadang tidak sadar kalau ternyata kita ada di skenario terburuk seseorang, tapi secara tidak sadar kamu menjadi penyeimbang dalam upaya dia menyeimbangkan kehidupannya. Obrolan ini memang agak absurd sih karena intangible, sesuatu yang tidak bisa kita pegang, erat sekali kaitannya dengan logika dan perasaan. Kembali lagi ke mana kamu akan lebih condong, logika, perasaan, atau berusaha menyeimbangkan keduanya? Lagi-lagi urusan keseimbangan kan? Ah, omong kosong apa ini.

Akhir dari obrolan sebelum liburan ini adalah mau seberat apapun, di manapun kita pada skenario hidup seseorang, jangan sampai kita jadi pribadi yang tidak kritis. Terkadang kita perlu mengkritisi sesuatu agar kita menggunakan akal kita dalam menghadapi dunia -yang semakin keras namun semakin indah- ini. Tidak bisa juga kita langsung men-judge orang yang perilakunya A dia pasti A juga. Orang yang perilakunya A, bisa disebabkan oleh kehidupannya yang BCDEF dst. Terlalu banyak faktor dan yang paling penting, kalau sudah bawa perasaan sekali, nah ini yang suka membuat kita jadi buta sama sesuatu. Sebenarnya apa yang berlebihan kan tidak baik, jangan sampai terlalu logika banget tapi tidak pakai perasaan juga, perasaan dihembuskan pada kita karena kita adalah manusia (ini harus diingat sekali). Terlalu pakai perasaan sekali juga jangan, nanti kita akan buta sama segalanya. Ini adalah tulisan konsep yang sangat mudah kita bicarakan sih, baik saya dan Bima pun masih sama-sama belajar. Cara belajarnya memang tidak bisa sendiri, dukungan dan sudut pandang dari teman-teman sangat membantu kita untuk mendapatkan berbagai macam pijakan untuk membentuk pola pikir dan sikap kita terhadap sesuatu. Jadi, sering-sering berdiskusi dengan teman dan carilah teman yang tidak sepandangan dengan kita, dari situlah kita mendapatkan banyak inputan. 

“Kehadiran seseorang yang berbeda sekali dengan kita itu emang bukan suatu petaka kok. Justru kadang kita merasa dilengkapi oleh keberadaan orang itu kan. Selama tujuannya masih sama, engga ada perbedaan yang perlu diperdebatkan.”

Terima kasih Desember, terima kasih Bima, terima kasih Bandung.

“Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan.” – Imam Syafi’i. Selamat belajar memanusiakan manusia!

photo: marisa dan karimata.

IMG_0728

foto diambil di P. Karimata (terima kasih mbak leyna)

aku dan relationshipku dengan laut: tidak terdefinisi, sangat platonik. biarkan sajalah dia terus menjadi laut, saya saja yang menghampiri dengan penuh rindu. biarkan ia menjadi apa adanya, toh saya mencintai segala kekurangannya tanpa amarah.

another home in another galaxy.

IMG_0780

Ibu pernah bertanya, apa yang bikin bahagia kuliah s2-nya?
“Punya mereka sih, hehe”

Sudah hampir tiga semester kita lewati, minus Maya dan Mbak Aline yang sedang ke Jepang. Terima kasih atas cita-cinta-semangat yang saling ditularkan ya! Sini Marisa tuliskan lagi pesan-kesan part keseratus (saking seringnya saya nulis soal kalian tapi tidak bosan-bosan, karena kalian keluargaku yang paling aneh)

kiri-kanan bawah : 

Enggar yang selalu semangat 45 mengejar guyonan kita semua, Hindra yang suka enggak peka sama apa yang kita omongin, Marisa: saya tidak bisa mengisi ini, hanya teman-teman yang bisa, Mbak Leyna mama kita semua yang hobi banget jajan, Maya si ratu monarki tapi saya sayang sekali

kiri-kanan atas :

Azka yang selalu diem tapi senyumnya penuh makna dan sebenarnya selalu merhatiin kita, Kety ini juga kesayangan saya yang selalu punya show ovj di studio, Astri alias Aco yang kepekaannya terhadap hal-hal kecil sudah tidak perlu diragukan, Nelly yang suka panik sendiri tapi entah mengapa kerjaannya selalu bisa selesai dengan detail juga, Bima teman SMA-ku yang paling baik, paling sabar menghadapi anehnya saya, Mbak Aline yang gak pernah satu kelompok sama saya tapi kita berdua dulu suka makan banyak bersama (saya sekarang makan cuma sehari sekali, udah bukan temen Mbak Aline, huhu), Bang Ari kakak aku yang baik, yang suka ngingetin solat dan yang selalu ngasih pengertian kalau saya lagi sedih dan suka curhat malem tapi endingnya bakal diketawain juga, “Terus ngapain cerita Cha kalo gakboleh aku ketawain?”, Dini sesama penonton lenong di studio, temanku yang baik kalau aku lagi pengen senderan tanpa mau ngomong apapun, Aryo temen yang galak, sukanya marahin kalo saya gak ngerti-ngerti (terus saya nangis di kamar mandi karena kesel beneran), tapi tenang, anda mengoleh-olehi saya strukturisasti otak dan logika yang bisa saya gunakan seterusnya, Ipun yang sangat aku sayangi dan cintai, ini sama aja kaya Aryo sukanya marahin saya karena ketikdak logisan saya dalam menghadapi suatu masalah, terima kasih Ipun yang galak, Wiwid si super jutek tapi pintar yang selalu nyebar hoax kalau saya sudah lamaran!! Ini berita darimana coba? kamu harus tanggung jawab, Ivan si 24/7 yang sangat bisa diandalkan tapi dia sangat bawel dan seringkali membuat saya marah karena selalu ribut, tapi tenang kita teman yang sangat-sangat baik kok.