Ruang Kelas

15 Februari 2010 ; Happy Birthday Ryan Fajar :)
Hari ini hari pertama pra UN tingkat kota. Rasanya ga percaya, masa-masa SMA tinggal sebentar lagi. Jujur aja, belum siap banget buat ninggalin sekolah tercinta, SMA Negeri 1 Bogor. Sekolah penuj acara dan sejuta kenangan yang ga akan bisa disebutin satu-satu.
Banyak banget yang bilang, SMANSA adalah rumah kedua. Bahkan ada yang bilang lebih betah di SMANSA daripada di rumah sendiri. Bahkan cuma untuk duduk-duduk di lorong kelas 3 dan ga langsung pulang juga menjadi kesenangan tersendiri ;’)
tadi sempat duduk di ruang kelas XII IPA 4 sendirian, Menatap kelas yang kosong banget rasanya jadi makin gamau ninggalin SMANSA. Selama 3 taun dibina dan dididik menjadi insan bangsa yang berakhlak baik dan berilmu di sini. Bulan depan. ica harus udah menjalani UN 2010 dan juga USM Daerah ITB 2010 (Berharap semoga bisa lolos dua-duanya, AMIN), berarti tinggal sebentar lagi masa-masa belajar efektif bareng di kelas bersama teman-teman sekelas. Kemarin juga sudah dibilang akan ada pemotretan buat BUKU TAHUNAN dan rapat-rapat untuk membahas PERPISAHAN RAKIT BAMBU pun udah mulain terdengar. Gimana makin ga sedih… Semoga, ica bisa memberikan yang terbaik buat SMANSA ya :) Amiiin – I LOVE YOUUUUU, SMANSA Bogor !

Libur Usai, Try Out Menghadang

Libur usai, masuk Try Out Menghadang !

Minggu, 10 Januari 2010 – Try Out Simak UI by PG di SMAN 1 Bogor
Minggu, 17 Januari 2010 – Try Out ITB di SMAN 1 Bogor
Minggu, 31 Januari 2010 – Try Out UTUL UGM

Wish me luck
Semoga Try Out itu semua bisa jadi motivator dan tolak ukur dalam mengukur passing grade kita
Temen2 rajin2 ikut Try Out yaaa
Semangat ! :)

Sekilas Info

Sekedar tahu, kemarin waktu lagi belajar Biologi buat UAS, ica nemuin point di Bab Mutasi, the point is ;

Penggunaan antibiotik untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada manusia yang tidak dihabiskan akan menyebabkan virus atau bakterinya mengalami mutasi dan resisten terhadap antibiotik sejenis.

makanya, kalo minum antibiotik tuh harus habis. ga boleh setengah-setengah, bahaya dan yang ada akhirnya virus atau bakterinya jadi kebal sama antibiotik itu. Stay care yaaa

Website Amatir

Yaaaaaaaa karena ada tugas komputer dari bapak Haikal, jadi saya -yang masih amatir ini- membuat web amatir, temanya sih tentang apel tapi ga terlalu spesifik hehe visit yaa :) komen jugaaa :

http://marisasugangga.byethost14.com/

makasiiih semuaa, maaf yaaa kalo jelek hehe namanya juga website amatir yang penting ngerti dasar2nya :)

nb : 25 Oktober 2009, makasih banget buat Ifan & Fatia yang udah bersedia membantu dan menemani ica dalam proses hosting web ini, web ini tidak aka ter-hosting tanpa kehadiran kalian berdua :) Love Youuuu deaaar, walaupun cape banget dan kerjaannya ketawa2 & sabar menunggu file ter-upload, tapi rasanya seneng banget hehe makasih yaa

Presentasi Poster Rokok

Selasa, 20 Oktober 2009
Hari ini ada pelajaran kesenian yang jadwalnya adalah presentasi tentang poster yang masing-masing kelompok udah bikin dengan tema masing-masing
Yaaaa …. Pas lagi dikocok buat nomer urut, kelompok ica mendapatkan giliran ke-2 ! Haha, slow slow, insya Allah udah siap
Nah, poster kali dari kelompok kita bertemakan tentang BAHAYA MEROKOK
Dengan gambar desain sekotak rokok dan batang-batangnya (aduh, dokumentasinya nanti ya hehe belum sempat), dan tulisan di tengahnya “Buat Apa Gaul Tapi Cepat Mati”
Filosofi tulisan itu sendiri kita ambil dari dasar pemikiran tak jauh dari lingkungan sekitar kita
Dewasa ini, sudah banyak sekali perokok dari kalangan muda, dengan alasan “Kalo ga ngerokok ga gaul!” ataupun hasutan dari teman-temannya “Ah! Lo ga ngerokok ga gaul lo!”
Sebenarnya definisi gaul pun mempunyai arti yang luas daripada hanya sekedar gaul hanya karena merokok. Namun, banyak yang salah tangkap presepsi “Gaul” itu sendiri dan mengakibatkan diri mereka terhasut dan jadi ikut-ikutan merokok.
Lalu, Cepat Mati, karena banyak pakar mengatakan bahwa merokok dapat mengurangi umur kita. Sebenarnya, umur ada di tangan Allah SWT, namun alangkah baiknya kita menghargai waktu kita yang diberikan oleh Allah dengan cara tidak merusak tubuh kita sendiri. Alangkah baiknya bila kita meninggal dalam tubuh sehat dan tidak sakit-sakitan karena efek dari rokok. Dan, semua bisa berubah karena usaha kita dalam menjaga hidup.
Semua,
merokok itu tidak hanya merusak tubuh kita seorang, namun dengan merokok, dengan perlahan para perokok membunuh dengan perlahan orang-orang di sekitarnya, seperti banyak fakta ;

1. Rata-rata, suami perokok, istrinya dapat terkena kanker payudara dan rahim
2. Orang tua yang perokok, tingkat intelegensi nya hanya 60%

banyak merugikan orang lain kan? bahkan lebih bahaya menjadi perokok pasif daripada perokok aktif
dan jangan salah tangkap bahwa karena lebih bahaya perokok pasif daripada aktif malah kalian jadi ikut2an merokok. Bentengi diri kalian dan tegurlah orang yang merokok di sekitar kita dengan baik. Ingatkan bahwa dia tidak hanya merugikan dirinya sendiri, namun juga diri orang di sekitarnya.
Jadi, untuk perokok, berusalah untuk berhenti dan jangan sia-siakan hidupmu ya, apalagi membunuh orang lain secara perlahan dengan asap rokoknya. Good Luck ! :)


Nb : Pesan ini disampaikan oleh kelompok 5, XII IPA 2 ;
Eiss, Asty, Dita, Siska, Anoy, Icha, Wanto, Tebe, Ratu

Art University

Waktu kemarin browsing di internet soal universitas & beasiswa keluar negeri, ga sengaja nemuin tulisan Seoul Art College udah gitu baca-baca artikel tentang itu semua. Hem, terlintas beberapa pikiran yang (lagi-lagi) mengundang banyak pertanyaan. Besoknya, pas lagi pelajaran Fisika, kita, XII IPA 2, lagi nyatet tuh. Trus, inget apa yang ditemuin semalem. Langsung nyeletuk ke temen sebangku ica, Isal ;

Ic : Sal, di Indonesia ada kan universitas yang khusus kesenian?
Is : Ada. Tuh IKJ
Ic : Oh, tapi bagus kan sal ?
Is : Iya kok bagus
Ic : Tapi kok kayaknya kurang peminat ya, Sal? Kalo di luar negeri sana yah, universitas kesenian gitu, eem kayak Seoul Art College, peminatnya banyak loh
Is : Ih, emang iya di sini gitu Cha. Kalo di sana kan penghargaanya gede kali
Ic : Kalo di sana, kuliah di jurusan apa juga pasti ada peluang kerjanya ya Sal? Kayak lulusan kesenian aja udah bisa kaya banget sama hasi karya seninya, terus misalnya astronomi di sana kan dikembangin & maju banget yah. Jadi, lulusan astronomi juga kan peluang kerjanya juga terjamin yah Sal.
Is : Emang iya
Ic : Kalo di sini, yang mau diambil cuma yang udah banyak lapangan kerjanya. Misalnya yah, kaya gue nih, mau masuk Biologi/Astronomi, pasti semua bilang, ih emang mau kerja jadi apa? Emang apa kerjanya? Mendingan Tehnik ato ini dan bla-bla-bla
Is : Iya cha, gue aja mau masuk Tehnik Mesin aja banyak yang komentar
Ic : Hem, jadi di sini harus pilih-pilih jurusan ya? Kalo di luar negeri sana, masuk jurusan apa juga pasti banyak lapangan kerjanya ya sal, udah gitu penghargaannya tinggi
Is : Iya

Hem, tapi pertanyaan ini juga langsung terjawab waktu siangnya ada pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) oleh Pak Fathony, kata beliau ;

Sekarang semua orang maunya yang udah banyak aja, semuaaaaa mau jadi Dokter (kebanyakan), coba kalo semua jadi dokter? Siapa yang ngurusin biologi coba? Yang ngurusin lain-lain siapa? Harus ada kemauan dari diri sendiri untuk memajukan bidang yang kita geluti

Waaaah, bijak sekali ya :)
Hehe, sebenernya arah notes ini kemana sih?
Jadi intinya, kalo kita emang bener-bener menggeluti bidang yang kita suka -tanpa memikirkan pamrih-, insya Allah ada balasannya kok. Dan lagi, itu bersifat jamak/untuk banyak orang. Jadi, ga usah takut sama komentar orang-orang tentang jurusan yang akan kita masuki. Toh, kita yang menjalani semua ;) Emang mungkin, penghargaan di sini, untuk jurusan yang kurang peminat, engga sebesar di luar negeri sana, tapi ini negeri kita, Indonesia. Be proud of it !

NB : rezeki, ga akan ke mana-mana , teman. asalkan kita mau berusaha “EXTRA”

Hikmah Naik Kereta

Naik kereta, pulang dari mudik, Malang – Jakarta
Ya, memakan waktu cukup lama tentunya, namun sedikit tervesit pikiran aneh-aneh saat pagi hari kereta melintas di antara hamparan sawah-sawah yang luas…

1. Petani itu, susah ya kerjanya. Panas-panasan, udah gitu emang ga gatel ada di antara rumput2 dan padi2 gitu. Belum kalo ada selokan dll. yang ada di sekitarnya, mana mereka ga pake sandal lagi. Bahay kan kesehatannya. Kalo kepanasan terus2an tanpa pelindung, bisa kanker kulit. Kalo ga pake sandal, bisa2 cacing/kuman masuk dari pori2 kaki
2. Jadi Petani itu, susah ya… Kerjanya berat tapi hidupnya ga seenak pejabat yang kerjanya di tempat yang enak. Padahal, pejabat (kita pun) bisa makan nasi, karena petani ya…
3. Kenapa ya? Hidup petani kok tidak semakmur dari hasil jerih payah mereka. Padahal, karena mereka pula kita bisa makan, namun tak sedikit petani yang susah makan
4 —- bla blaaa —- lupa, intinya kayak pikiran bocah2 yang kebanyakan nerawang

nah, pas gitu muncul lagi pikiran. Hem, pasti jadi menteri ekonomi tuh susah ya. Ngurus uang ini itu, kalo ica jadi menteri ekonomi, bisa botak kali ya ngurusin ekonomi bangsa. Hem, kalo jadi menteri ekonomi, pengen ngebahagian petani dengan cara memberi masukan pada pejabat buat menyumbangkan beberapa persen gaji mereka (marah ga?) buat makan sehari-hari petani dan beli perlengkapan badan yang lengkap. — DUH, HARUSNYA GA NGOMONGIN POLITIK, BIKIN PUSING — , yah sebenernya nulis artikel ini cuma menuangkan isi yang tadi ada di kepala, mumpung ada topik ;) mungkin, semuanya mungkin terjadi kalo uang negara bener2 masuk dan dipergunakan dengan semestinya. Indonesiaku sayang, berhentilah KKN, kita itu bangsa yang kaya, jangan kalah dengan bangsa yang kekayaannya tidak sehebat kita. Ayoooo, paling ngga berantas KKN dan Say No to KKN, Insya Allah, subsidi negara bisa berjalan dengan semestinya dan tidak kekurangan dana, wong Indonesia aja orangnya jubel-jubel gini hehe sadar bayar pajak juga ya semuanya. Pajak yang kita bayar kan untuk kemajuan kita juga ;)


nb : gatau kok jadi kayak promosi dan terjun ke dunia politik ya, mikirnya aja udah bikin botak hehe ;) maaf yaa, jangan ada yang tersinggung

Auksin

untuk pertumbuhan tumbuhan, terdapat 2 faktor internal, yaitu gen dan hormon. ada bermacam2 hormon yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan, antara lain ialah : hormon AUKSIN

fungsi ;
1. memacu perpanjangan sel ; dihasilkan oleh ujung titk tumbuh dan tidak aktif apabila terkena matahari
2. diedarkan ke seluruh bagian, maka dari itu ia memanjang, membelah, dan diferensiasi
3. menghambat tunas lateral
4. bila tunas apikal dipotong, akan membentuk daun-daun
5. membentuk xylem dan floem (memperlancar transportasi)
6. memelihara elastisitas (gaya lentur) dinding sel. guna : agar tumbuhan lebih segar
7. membentuk dinding sel primer
8. menghambat rontoknya daun dan bunga
9. untuk partenokapri (buah tanpa biji)
10. pembentukan akar lateral dan serabut akar