Prioritas

“Teman, bukan tentang berapa banyak yang kamu punya, tapi tentang berapa orang yang memberi begitu banyak warna dalam hidupmu.” – kuntawiaji

Semakin dewasa, tema mengenai ini sering terjadi di tengah meja tempat kami bercengkraman. Kami para manusia yang merasa sekitar kami perlahan berjalan menjauh, entah mengejar mimpi atau memang sudah terkena seleksi alam.

Tidak. Tidak ada yang salah tentang itu. Setiap manusia memiliki porsi dalam ruang seseorang dan berhak memilih lingkungan tempat ia berkembang. Satu dari beberapa teman saya berkata, “Boleh kita membaur tapi jangan sampai melebur.” Menurut saya kalimat ini cukup membantu ketika kita bergaul dalam lingkungan manapun. Apalagi di zaman sekarang, media sosial telah menembus banyak ruang dan mengekspos segala hal tentang lingkungan kita. Alhasil, terkadang ketika bertemu, pertanyaan “Apa kabar hari ini” sudah tidak harus terlontar lagi. Beberapa obrolan tidak lagi perkara kualitas namun sekedar formalitas.

Namun ketika harus memilih, saya memilih untuk memiliki sedikit circle namun berkualitas ketimbang banyak tapi tidak berkualitas. Hidup ini perkara prioritas, siapa prioritasmu. Keluarga? Sahabat? Pekerjaan? Dan ketika kita telah berhasil mengetahui siapa dan apa prioritas kita, pada saat itu pula tanpa perlu usaha yang lebih berat, secara otomatis kita akan selalu mencari dan membutuhkannya.

“Ketika suatu hari harus berpisah, saya akan sedih sekaligus takut untuk menghadapinya. Hari itu nantinya akan menjadi titik berbaliknya atas berbagai macam hal yang telah kita lalui. Namun sebelum hari itu datang, saya ingin merajut banyak makna agar nantinya masing-masing dari kita belajar artinya kehilangan dan punggung ini memiliki banyak arti.”

Malang, Desember 2016
#30DWCHari28

 

One thought on “Prioritas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s