Motor Plat Aneh

15t
Ini namanya Momo, punya plat paling aneh jaman suka parkir di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (2010-2014)

Halo dunia! 

Bukan suatu keanehan lagi bagi saya ketika mengendarai motor di tengah jalan saat tinggal di Kota Malang, beberapa orang tidak dikenal akan memanggil.
“Mbak, T plat mana Mbak?”
“T itu darimana?”
“Tasikmalaya ya Mbak?”
Bahkan Bapak satpam parkiran, yang sudah saya jelaskan berkali-kali, suka menanyakan hal yang sama setiap harinya. “Mbak, T itu plat mana?”

Indonesia memiliki banyak sekali kota dan jujur saja saya sendiri tidak hafal seluruh plat di Indonesia. Pengetahuan tentang plat kendaraan bermotor ini bertambah karena beberapa teman saya adalah perantauan. Seperti BA adalah Padang, AB Itu DIY, L adalah Surabaya, dan masih banyak lagi (yang sesungguhnya saya sudah lupa, hehe)

Plat nomot T itu berasal dari daerah Karawang di Jawa Barat. Kenapa saya menggunakan plat nomor ini? Pertanyaan menarik. Jawabannya bisa ditemukan kalau berbincang langsung dengan saya ya.
Motor berplat aneh ini telah menjelajahi berbagai kota di Jawa. Sebut saja Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, Batu, Malang Selatan (kawasan tepi pantai tentunya), hingga Probolinggo. Semakin banyak motor ini menjelajahi kawasan-kawasan yang bukan asal platnya, semakin banyak juga orang tidak dikenal yang memanggil saya.

Bagi saya pribadi, menemukan plat nomor aneh (aneh: jarang saya lihat) adalah hal yang menyenangkan. Misalnya dalam keadaan jalan macet, mata saya suka mencari-cari apakah ada plat yang saya tidak ketahui di ruas jalan tersebut. Plat B dan D sudah menjadi makanan sehari-hari bagi saya. Tidak jarang kan hal-hal yang mengeneralisir terjadi, seperti “Lha! Itu kenapa klakson-klakson? Oh platnya B, pantes….” Padahal hal seperti itu tidak selamanya berlaku. Pernah suatu hari di lampu merah, mobil belakang saya sangat suka mengklakson, ketika saya lihat platnya D. Nah, tidak tentu kan.

Berikut adalah tautan yang memuat info mengenai nomor plat kendaraan bermotor di Indonesia, siapa tahu tertarik: http://superpolishpremium.com/daftar-plat-nomor-kendaraan-di-indonesia/.

“Ini platnya sampai kapanpun jangan diganti ya!”
“Loh kenapa?”
“Ya soalnya kan B udah banyak, jarang aja. Nanti kalau sudah kerja, plat yang ini tetap digunakan kalau bisa!”
“Iya. He em.”

Bandung, Desember 2016
#30DWCHari22

One thought on “Motor Plat Aneh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s