Pengalaman Belanja Ketiga Kalinya di Koreabuys.com

Saya memiliki tiga pengalaman berbelanja di Koreabuys.com. Koreabuys menyediakan berbagai brand kosmetik asal Korea Selatan. Sebut saja Etude, Tonymoly, Laneige, dan kawan-kawannya. Saya adalah penggemar Etude House (sangat!) dan saya selalu berbelanja via Koreabuys. Saya adalah tipikal orang yang memiliki prinsip, belanja online tidak bisa seenak belanja langsung ke store karena kita harus teliti mulai dari pemesanan, pembayaran, mengecek status barang hingga menerima barang. Belanja online memang terlihat menyenangkan tapi bukan berarti kita tidak harus bersabar atau teliti, hehe.

Untitled

Website Koreabuys

Saya memiliki pengalaman baik dan tidak baik bersama Koreabuys. Pengalaman baik saya berjumlah dua kali. Pada saat order pertama kali, saya hanya memesan dua item yaitu pencil liner dan lip scrub dari Etude House. Barang-barang yang saya pilih merupakan barang dengan label +1Day Delivery. Menurut keterangan, barang berlabel itu adalah barang yang dikirim langsung di hari yang sama pada hari pemesanan dari Korea ke Jakarta dan akan dilanjutkan oleh kurir JNE 2-3 hari. Order pertama saya berjalan sangat mulus, saya pesan, transfer dan saya berlokasi di Jakarta. Dua hari setelah pesan, barang saya tiba di kantor, dikemas sangat apik dengan bubble wrap yang menjamin barang kita tidak rusak. Semua barang tersegel dan terlabeli stiker hologram 100% Original. Kedua item tersebut pun masih setia saya gunakan dan berada dalam pouch travelling saya.

Setelah order pertama, saya memiliki pengalaman kurang baik dengan Koreabuys. Saya mengorder bersama rekan-rekan kantor saya. Tujuannya agar ongkos kirimnya jadi satu. Saya mengorder satu item yaitu eyeliner. Tidak disangka, barang baru sampai dua bulan kemudian. Saya sempat kecewa karena lama sekali sampainya. Kebetulan penanggung jawabnya adalah Kak Nadia, rekan kantor saya. Dia rajin sekali menanyakan Koreabuys via telpon, e-mail, dan LINE. Ternyata dalam satu order kami, terdapat satu barang berlabel FORWARDING+JNE. Nah, barang berlabel forwarding ini memang memakan waktu lebih lama dari +1Day Delivery dan sebenernya di website-nya Koreabuys udah dijelaskan. Tapi kita agak shock juga kenapa kok baru sampai dua bulan. Itu pun akhirnya kami menelpon, minta semua barang yang +1Day Delivery dikirim duluan dan yang FORWARDING menyusul. Untungnya boleh (mungkin karena udah kelamaan juga). Momennya itu pas lagi tahun baru, jadi sempat ada libur panjang makanya kita ngantrinya juga semakin lama. Tapi pas sampai, tetap saja saya puas dengan barangnya, si Etude Liquid Liner warna coklat. Harganya lumayan jauh banget sama di store, makanya aku harus bersabar menanti barang ini.

Belajar dari pengalaman order kedua, akhirnya aku memutuskan satu hal. Bila belanja di Koreabuys, lebih baik yang +1Day Delivery kalau jumlahnya tidak sebanyak untuk Reseller. FORWARDING+JNE itu memakan waktu lebih lama tapi baik untuk pengiriman jumlah banyak dan aman. Mungkin karena ongkosnya pun lebih murah ya jadi menguntungkan bila mau jadi Reseller atau barangnya kita stok barang dalam jumlah besar. Setelah menetapkan keputusan (dan aku anaknya emang ga kapok selama barangnya memuaskan), setelah lebaran 1437 H, aku mengorder lagi di Koreabuys. Pesanan ketiga kali ini bahkan dalam jumlah yang cukup besar karena rame-rame untuk sekeluarga. Alhasil saya melakukan pemesanan dengan dua order dan barangnya di bagi dua agar berat paketnya tidak mencapai 1kg, hehe.

Setelah saya catat dan mentransfer uangnya via m-banking, ternyata saya melakukan sebuah kesalahan. Saya hanya mentransfer uang produknya saja, belum termasuk ongkos kirimnya sebanyak Rp 9.900 per order. Astaga, lantas saya langsung panik sekali. Khawatir itu uang tidak diterima oleh Koreabuys karena tidak sesuai Billing, huhu. Hari sudah malam dan cs tutup di hari Minggu. Saya sempat mengecek status setelah saya bayar masih bertuliskan, “Pending Payment”. Fyuh, lega sekali. Takutnya ordernya sudah expired tapi uangnya sudah terkirim. Aaa~

Dengan bersabar hati menanti hari senin, maka saya menelpon CS. Saya berusaha untuk menjadi penelpon pertama agar prosesnya lebih dimudahkan dan diingat dengan baik. Jam 09.00 saya menelpon, katanya nomornya berada di luar jangkauan. Akhirnya saya berbaik sangka menunggu sampai jam 10.00, karena saya pikir itu hari pertama kerja maka wajar saja kantornya belum produktif secara penuh. Pukul 10 lewat sedikit akhirnya telpon saya diangkat! Wa, itu suara mbak CS nya seperti air di saat kita haus (lebay) alias bikin segar pikiran karena semalam suntuk saya mikirin itu kesalahan payment. Setelah saya tanya namanya, saya menjelaskan kronologisnya. Sumpah, CS-nya ramah banget amat sangat.

“Iya gapapa sist, nanti kirim saja ongkos kirimnya digabung saja kan ada dua order. Nanti konfirmasi ke kami via sms dan bukti transfernya bisa dikirim via e-mail ya Sist”

“Alhamdulillah, terima kasih ya mbak”

“Sist, tapi ini kita lagi ngeduluin yang udah order sebelum lebaran. Soalnya yang sebelum lebaran masih ada yang antri Sis, gapapa ya? Mungkin paling lama dua minggu”

“Oh iya gapapa mbak. Tapi saya itu kan pilih yang +1Day Delivery, berarti ga akan yang selama FORWARDING+JNE kan mbak? Soalnya dulu saya pernah dua bulan nunggunya”

“Nggak kok sist, paling lama dua minggu yah. Nanti kita kabarin lagi.”

Lega banget. Beneran. Akhirnya saya transfer kekurangan ongkos kirim dan mengirimkan sms serta e-mail ke nomor CS Koreabuys. E-mail saya pun dibalas, katanya pemesanan saya akan segera diproses dan proses pembayarannya pun sudah diberitahukan pada tim. Sehari setelah membayar, saya mendapat telpon dari Koreabuys. Katanya warna Liptint yang saya inginkan tidak ada dan saya diberitahukan warna-warna Liptint yang readystock, walaupun sempat “Yaaah” tapi akhirnya saya membuat keputusan cepat untuk mengganti dengan warna yang mirip. Gampang, nanti kalau sekali pakai tidak cocok bisa diberikan ke yang mau atau dijual lagi. Tidak lama dari itu, status “Payment Pending” saya berubah menjadi Seller Preparation! Seneng banget!

Barang pun sampai sekitar 3 hari dari perubahan status tersebut, lebih cepat dari yang aku duga. Saya dan adik saya girang sekali waktu paket itu datang dan kami duduk manis siap-siap membuka isi paket tersebut. Dipacking dengan bungkus abu-abu dan satunya bungkus merah. Per item pun menggunakan bubble wrap. Saya pribadi selalu suka dengan packaging nya Korebuys karena rapih dan suka sama jenis plastiknya. Btw, saking excitednya ini paket sampai, saya tidak sempat memfoto packagingnya, bisa di google images kalau mau tahu lebih lanjut.

IMG_4607
10 Items mendarat dengan selamat di Bogor.

Berikut beberapa saran saya bila ingin mengorder barang di Koreabuys:

  1. Untuk yang mau belanja cepat dalam jangka 1-2 Minggu, pesannya yang +1Day Delivery saja biar lebih cepat sampainya.
  2. Jangan segan konfirmasi ke CS via telpon/e-mail agar pesanan kamu segera di proses. Udah berkali-kali nelpon mbak CS-nya, ramah banget. Jangan lupa bertanya siapa namanya agar kamu lebih mudah menanyakan kembali bila sampai kamu perlu menelpon lagi
  3. Sabar :)

 

Terima kasih Koreabuys. Semoga dari segi pelayanan ditingkatkan dan di segi paymentnya bisa secanggih Lazada/Zalora yang ketika bayar akan keluar nama kita sebagai pemesan, total billing, dan perubahan status segera setelah kita mentransfer. So far sih tidak ada kekecewaan selama berbelanja di Koreabuys baik dari segi item, pelayananan, dan CS-nya. Akan mengorder kembali di beberapa bulan ke depan. Salam belanja online! Harus cermat, teliti, dan sabar yah…..

 

Marisa Sugangga (2016)

 

Advertisement

11 thoughts on “Pengalaman Belanja Ketiga Kalinya di Koreabuys.com

  1. I have noticed you don’t monetize your blog, don’t waste your traffic, you can earn additional cash every
    month because you’ve got hi quality content. If you want to know how to make extra
    bucks, search for: best adsense alternative
    Wrastain’s tools

  2. Kak Marisa… bisa tolong nomor teleponnya CS itu kak? Aku order sejak bulan Agustus 2017 dan sampai sekarang belum sampai juga barangnya. Aku mau telepon ga tau kemana karena di website ga nemu. Aku telpon via line juga tidak diangkat. Aku track resi internasionalnya memang ada dan sudah sampai di bea cukai Indonesia. Trus ada nomer resi lagi, ke TIKI. Tapi aku tanya ke TIKI tidak ada data paketku itu. Duh … pusing. Kapok deh beli di koreabuys

    1. sama kak. aku juga order dari bulan agustus blm datang2. aku uda coba sms, email, dan telp k no nya ga aktif. biasanya mrk cpt reply. blh tlg bantu bgmn cek resi international nya? :( iya jd kapok skrg beli koreabuys kl gini :(

      1. halo marcelinne :)
        kebetulan pas aku beli waktu itu, nomer cs nya tercantum di web jd bisa aku hubungin dan aku gak simpen di hp ternyata (tadi aku cari buat tri juga)
        kalo cek resi internasional, coba bisa dibantu sama kak tri. sebenernya aku jg udah kena 2x, yg sebelum ini lama bgt gak sampe2 :( baru yg aku review ini dia cepet krn akunya juga rewel
        kalo email? dibales ga? dulu soalnya aku dibales

      2. Oya Marcelline, coba kamu tanya ke ‘Hubungi 1:1’ di layar sebelah kiri. Aku kemaren tanya dan dijawab… yah dgn jawaban yg sama sih… masih di beacukai dan tidak bisa refund. Email mereka sudah tidak aktif katanya. Ya coba aja tanya di situ. Ngeselin emang yah haha…. Padahal kemaren waktu Rakuten tutup sempet kena juga aku. Barang cacat, kata buyernya mau dikirim ulang, 3 bulan ga dikirim2… eh Rakuten tutup. Kzl

  3. Hi lagi kak Marisa… iya dulu seingatku di webnya tuh ada nomor telepon cs-nya. Tapi sekarang udah ga ada hikshikshiks……. Udah email berkali-kali juga, terakhir dibalas awal oktober bilang kalo udah dalam pengiriman, suruh nunggu 7-14 hari kerja…. Hikshikshiks…… Kalo yg sebelum direview ini nyampenya berapa lama kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s