Dinding Putih Untuk Kamar Mandi Mungil

Akhirnya raga kembali dari perjalanan ke dua kota, Bandung dan Yogyakarta. Saya membawa sebuah oleh-oleh tentang pengalaman ruang ketika menginap di salah satu hotel di Yogyakarta. Horison Hotel yang terletak di Jl. Urip Sumiharjo, Yogyakarta memberikan sebuah kesan ruang yang menyenangkan untuk saya pribadi. Begitu pun dengan Tune Hotel yang berada di Jl. Sumur Bandung, Bandung-Jawa Barat. Kedua budget hotel ini memiliki ukuran kamar mandi yang minimalis namun berfasilitas lengkap. Untuk kelengkapan alat mandi, dipegang oleh Horison sedangkan kelebihan dari Tune Hotel ialah sebuah hairdryer yang sudah tersedia tanpa kita harus menelpon ke housekeeping terlebih dahulu.

Pengalaman ruang yang saya dapat? Ternyata sebuah ruangan kecil bernama kamar mandi adalah tempat relaksasi dan berpikir yang sangat menenangkan pikiran. Pasti ada di antara teman-teman yang sangat menyukai membangun dan membuat ide dalam kamar mandi kan, karena itu keberadaan kamar mandi yang memiliki pengalaman ruang menyenangkan patut dipertimbangkan sekecil apapun kamar mandinya.

(image source: pinterest)

Saya menyadari hal ini ketika menginap di Horison. Sayangnya, saya tidak sempat mengabadikan ruangannya (berharap dapat kembali lagi ke sana). Saya berikan gambar penunjang saja, koleksi dari pinterest saya. Sebuah nuansa dinding putih keramik berukuran kurang lebih 120 x 80 menghiasi dinding di kamar mandi tersebut. Menurut saya sebuah dinding keramik hingga saat ini tidak kuno-kuno amat dan memiliki kelebihan yang cukup baik di era serba cepat saat ini, mudah dibersihkan. Bisa hanya dengan disikat ataupun dibersihkan dengan kain. Dinding keramik pun memiliki performa yang baik untuk rumah tinggal yang berada di daerah bercurah hujan tinggi dan memiliki kelembapan yang tinggi. Jadi, dinding keramik dapat menjadi alternatif yang cukup menyenangkan dan low maintenance. Warna putih adalah warna bersih. Saya menyebutnya ia adalah penolong untuk ruangan yang mungil. Warna putih menambahkan kesan luas pada ruangan ini. Dinding dan plafon putih tidak akan membuat ruangan kamar mandi mungil anda terasa sempit.

Untuk desain yang lebih ‘hidup’, sebuah sentuhan lantai keramik bercorak alam berwarna abu-abu dapat membangun suasana ruang mungil tersebut. Pemilihan keramik menggunakan corak untuk meninggalkan kesan monoton dan menambah sense of feeling dari user. Tidak hanya dimanjakan visual, tetapi juga dimanjakan indera perabanya di bagian kaki.

Sang desainer menambah kehangatan dengan menggunakan aksen kayu pada area wastafelnya. Alhasil, sentuhan dominan monokrom pada ruangan itu menjadi tidak dingin. Menyenangkan sekali loh berlama-lama di dalamnya, hehe. Menurut saya kamar mandi di hotel Horison ini dapat diadaptasi dalam desain-desain kamar mandi yang mungil tapi tetap terdesain dengan baik. Bagian yang tidak kalah penting adalah low maintenance untuk teman-teman yang hidupnya sangat mobile.

Do :

(image source: pinterest)
  1. Membersihkan kamar mandi! Walaupun terlihat low maintenance, tapi kewajiban membersihkan kamar mandi jangan sampai hilang ya. Bersih bukan berarti bersih seutuhnya.
  2. Sediakan parfum/pengharum ruangan kesukaan teman-teman. Hal ini akan menambah kenyamanan dan membangun suasana yang baik ketika kita memasuki kamar mandi
  3. Di dalam kamar mandi bukan berarti tidak boleh ada aksesoris, belilah sebuah pajangan yang menyenangkan untuk dilihat. Bisa jadi pajangan tersebut memiliki dwifungsi seperti tempat sabun atau wadah sikat gigi

Don’t :

  1. Memilih material kamar mandi yang licin. Sebagus apapun itu, utamakan fungsi terlebih dahulu ya teman-teman. Safety comes first.
  2. Jangan menggunakan tempat sampah yang terbuka, karena tisu-tisu akan terlihat. Belilah tempat sampah yang tertutup dengan pembuka menggunakan pijakan kaki ya. Lebih higienis.

Selamat menghias kamar mandi.

Salam hangat, Marisa. (@marisasugangga)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s