AEON Mall BSD: Surganya Food and Beverages Tenant.

For all the good things, thanks God Iam still breathing to explore Your world…..

Libur kantor kami sangat panjang sekali. Tanggal 23 Desember 2015-3 Januari 2016. Setiap kawan yang dengar pasti bilang, “Cha, itu kantor kok liburnya kayak anak sekolah!” Holiday goals saya sangat sederhana sekali, istirahat. Mengingat jadwal Desember 2015 dipenuhi dengan deadline proyek di kantor dan beberapa deadline pribadi.

Akhirnya saya tidak merencanakan perjalanan jauh mengingat goals-nya adalah istirahat. Nobi, teman serekan asdos saya di studi DM kelas D dulu baru pulang dari studinya di Malang. Nobi tiba di kampung halamannya alias Tangerang Selatan daerah Puspitek. Saya sedang berpikir, kalau main ke BSD itu selain kuliner adanya cuma mall dan saya (mulai) bosan dengan mall. Tapi karena sangat ingin bertemu dengan teman lama dan mengingat efisiensi waktu, akhirnya saya mengiyakan ajakan teman-teman saya untuk bertemu di BSD saja. Nah, yang kami lakukan adalah membuat perjalanan dalam mall kami tidak biasa alias yaudah jangan diambil pusing yang penting silaturahminya. Saya sendiri juga tidak bisa memberi solusi tempat bertemu super cepat dan lengkap selain mall. Anyway, saya suka sekali main ke daerah Serpong karena jalannya besar-besar, memanjakan kendaraan, mata, pikiran dari macet, dan saya akan melewati jalur hijau komuter line (yang sangat jarang saya lewati).

Saya adalah seorang event hunter yang rajin melihat jadwal-jadwal acara di Jakarta, akhirnya saya menemukan event Jakarta Food Truck. Acara ini sedang berlangsung di mall yang sedang hits dibicarakan saat ini, AEON Mall BSD. Akhirnya setelah perdebatan panjang kita mau ke mana saya memutuskan untuk pergi ke AEON Mall saja. Saya membuat janji untuk dijemput di Rawa Buntu. Karena dijemputnya telat, saya memindahkan tempat bertemu awal di Teras Kota BSD. Lumayan, saat berputar-putar di sini saya menemukan pameran buku murah dari salah satu toko buku ternama di Indonesia. Saya mendapatkan satu buku IELTS preparation dan 3 CD nya dengan harga Rp 40.000 saja.Ha ha ha. Setelah berputar-putar, saya dijemput dan menuju AEON Mall! Sambil menunggu, saya minum kopi di kedai kopi yang cukup ternama di Indonesia. Setelah duduk sekitar 10 menit, saya mulai kepanasan. Saat melihat area bukaannya, ditutupi dengan tirai. Dalam hati saya mikir, “Ini pasti menghadapnya ke Barat deh jadi panas banget mau sore gini…” Pas saya cek google map, eh beneran. Sumuk padahal sudah pakai AC. Sayang sekali padahal interiornya bagus tapi kurang nyaman karena agak panas. Tidak lama kemudian, saya dijemput. Here we go!

IMG_6993
View from the foodcourt, 3rd floor.

How to get there from Bogor?

From Stasiun Bogor : Naik kereta jurusan Jatinegara, turun di Tanah Abang. Ganti ke jalur 5/6 jurusan Serpong/Maja. Karena kita tukar kereta, baiknya saat memilih gerbong pilihlah gerbong paling depan agar dekat untuk tukar kereta dari jalur 3 ke jalur 5/6. Turun di Rawa Buntu then go to AEON Mall by Taxi or Ojek (Tidak ada kendaraan umum ke sana). Perjalanan bila lancar tanpa macet di stasiun paling sebentar 2 jam 15 menit. So dont forget to bring your book or headset to accompany your journey to BSD.

IMG_7059

AEON Mall adalah mall berfranchise dari Jepang. Dari segi bentuk bangunan dan penggunaan ruangannya tentulah sangat fleksibel mengingat Jepang sangat menghargai sebuah ruang. Dari beberapa ilmu yang saya dapatkan, biasanya developer Jepang tidak suka bentuk denah mall nya organic/melingkar-lingkar dengan alasan bentuk itu tidak efisien sebagai peruntukan komersial seperti mall. Pada prinsipnya area komersial pastilah menggunakan prinsip untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya. Tapi di balik bentuknya yang kotak-kotak, Jepang merupakan negara yang sangat detail dan tentunya dia juga tidak akan melupakan hal-hal di balik efisiensi mall nya. Hal ini terlihat dari detail interior, fasilitas yang terdapat di dalamnya, banyaknya seating area, bentuk toilet yang begitu luas dan memanjakan pengunjung karena bilik yang banyak dan disertakan teknologi yang canggih. AEON Mall juga direncanakan akan buka di Sentul, Bogor. Dapat dipastikan bentuknya akan hampir sama karena tipikal bangunan AEON sudah memiliki standar pembangunan. Bila kita browsing AEON Mall di sejumlah negara lain, kita juga akan melihat banyak kesamaan untuk segi eksteriornya. Padu padan warna putih dan ungu yang sangat khas AEON. Saya memiliki catatan dari versi saya mengenai hal yang membuat mall ini begitu menarik untuk dikunjungi.

IMG_7062
Supermarket AEON dan spot jajanan pasar ala Jepang
  1. Banyaknya tenant Food and Beverages yang jarang kita lihat di mall lain. Saking banyaknya kuliner di sini, AEON saya nobatkan sebagai mall kuliner paling menyenangkan untuk saat ini karena makanannya aneh-aneh. Di bagian bawah terdapat lorong yang isinya makanan semua dan ambience nya sangat menyenangkan sekali. Bikin ingin makan semuanya.
  2. Di supermarket AEON terdapat banyak jajanan pasar. Ups? Onde-onde? Bukan. Jajanan pasarnya jepang seperti Sushi, Yakiniku, Takoyaki, Onigiri, dan kawan-kawannya. Dengan harga yang miring dari harga restoran, kita bisa memilih-milih banyak macam di sini dan dapat kita bawa pulang. Semua enak! Sushi curah nya juga recommended.
  3. Terdapat Taman Sakura yang akan sparkling your eyes di waktu matahari mulai turun. Tips untuk mendapatkan foto yang bagus. Keluarlah saat jam 5.15 sore menjelang matahari terbenam. Lampunya sudah mulai nyala dan tidak terlalu gelap jadi wajah kita masih terlihat.
IMG_7060
Taman Sakura saat sunset.

Apa yang kita dapat kita lakukan di AEON Mall? Seperti mall pada umumnya, jalan-jalan dan makan. Food courtnya sangat luas, tidak usah takut tidak mendapatkan tempat duduk karena sepanjang mata memandang banyak sekali kursi. Mulai dari tatami (kursi lesehan ala jepang), kursi panjang, sofa, child area, berbagai macam tempat duduk ada di sini. Saya paling suka spot panjang yang menghadap ke luar. Di situ tidak terlalu ramai dan pemandangannya cukup memanjakan mata. Nah di area Food Court ini juga terdapat XXI dan Ramen Village yang isinya berbagai warung Ramen. Hati-hati untuk yang muslim karena beberapa Ramen mengandung Babi (pork), bila ingin aman dan hanya daging ayam saja, cobalah untuk mampir ke Sheirok Ya yang terdapat di Ramen Village, 100% chicken dan rasanya juga ga kalah dengan ramen yang lain.

Processed with VSCOcam with f2 preset
Spot foodcourt favorit saya!
IMG_7024
Book ceiling. Lorong ini bertemakan pendidikan, jadi store di sepanjang lorong ini tentunya menjual hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Olahraga dengan window shopping. Berada di mall tidak berarti harus belanja. Banyak studi membuktikan window shopping juga dapat membakar kalori kita loh. Banyak sekali toko di sini jadi jangan takut kehabisan toko di sini (yang ada kaki kita pegal-pegal haha). Nah, cobalah bermain di Anchor Tenant dari AEON ini sendiri. Banyak benda-benda lucu asli dari Jepang yang membuat gemas ingin kita beli semua. Bahkan hal-hal unik seperti aksesoris Pokemon pun didatangkan langsung dari Jepang. Sore harinya kita bisa bermain di Taman Sakura sambil menunggu lampunya menyala.

Nah, liburan di mall juga bukan hal yang buruk kok. Coba berkunjung ke AEON Mall dan saya sarankan untuk mencoba makanan lebih dari satu ya, karena menyenangkan sekali berkuliner di sana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s