Seaton Park

Nära got her first postcard from Aberdeen, Scotland.
Nära got her first postcard from Aberdeen, Scotland.

Sekitar tiga minggu yang lalu, saya mendapatkan beberapa foto dan cerita-cerita mengenai public space berupa taman yang berada di kota Aberdeen, Scotland. Daripada saya simpan sendiri ceritanya, maka saya olah menjadi sebuah bacaan yang semoga bisa menginspirasi perancangan dan pembangunan public space di Indonesia yang sedang digalakkan oleh pemerintah dan (beberapa) kota di Indonesia.

0PWYJS0x1eQbn81P9UAPXwEZP_XT52ytmBJKYnLvzio,rcgPHSRVPt0x5wKP2_sE5ORJZXtnsFhx3jaIqmTpKsw
Flower bed with high maintenance

G6Kda8KjJsCiY3BK9qyFTEEGIzAel2GLPcgEqJPu8VY,3zPgRAgsswOCyYACP1Zrc77OXJC49bz0Iawyu0QrZOU  Lb6sM4p6-rwXJd6S6GdZvz4vX4LPFDSF3kvHdG6c0Jc,P599CaWU_m0ldDG21xSUWjnekbF6GGlQeYJArcg-CFM

ND8vYoyILgNlvP-r_UXPIs__7_8vEby_1oXtlhPr-kk  TKFYuEfhVl7OAQ4OsT5Wq4WnIdYcsxhAjQA9PRz9Zv4,uUrg69E6yQhvxjZ-_Z-ErrnJD8lwNsqjKgCnztxD0hA

Seaton Park is a much loved treasure on the banks of the Don to the north of the City. The 27 hectares has formal beds, a walled garden, mature deciduous trees, open green spaces and a children’s play park. (source: http://www.aberdeencity.gov.uk/)

idu-4xZ7UkV--K_c9bt2migP9rYtxwDeNnVn4Og3kKc
Map of Seaton Park, Aberdeen, Scotland.

Taman ini bernama Seaton Park. Mungkin ini bukan taman modern di mana banyak unsur fasilitas berupa hardscape di dalamnya namun menurut saya taman ini pasti menggunakan High Maintenance sejak ia dibangun. Terlihat dari rumput dan tumbuhannya yang sangat terawat dan benar saja, ketika saya mencoba mencari tahu lewat dunia maya, taman ini selalu memperbaharui bunga setiap satu tahun sekali. Berdiri sejak 1947 di atas 27,000 m² taman ini merupakan public park yang sering dilalui oleh mahasiswa dan penduduk sekitar yang berjalan dari arah asrama Bridge of Don atau di daerah Hillhead menuju kampus University of Aberdeen melalui St. Matchal Cathedral. Terlihat bangunan Cathedral pada map berada di bagian paling Selatan. Katedral ini dikelilingi makam penduduk. Kontributor beruntung mendapatkan banyak foto saat bunganya sedang bermekaran karena menurut masyarakat di sana, bunga-bunganya saat ini sedang bagus-bagusnya. Fungsi utama selain public space bisa dibilang taman ini merupakan taman pedestrian di mana terdapat dua jalan pejalan kaki dan di tengahnya bermekaran bunga-bunga yang telah disusun atau biasa disebut flower bed. Selain flower bed, di salah satu taman terdapat walled garden atau biasa disebut taman bertembok (jadi tumbuhannya disusun seolah-olah membentuk dinding).

EhkMYJM-QuDDXiWI-5GTlp0ZjzHgIu3K3910fQQ3Q3g,VAWqGIvdM_fpji8tiShGugm_HGoMH9oGjGOhyQVEy9s
Walled Garden

b9INX4lUaTEyp24RZlddKxJ14fMLmKNYf-Mj3VA-4Hc,Sp7Q4YCkk3lvvew8C09rkFUdAeQTq2zkeFA4BQEZvmY

Pada awalnya saya kita rumputnya tidak boleh diinjak, tapi ternyata ada sisi di mana terdapat lapangan rumput di mana Aberdeen Football Club sering menggunakannya sebagai tempat latihan. Taman ini buka sepanjang hari, sepanjang tahun. Jadi kalau sedang berkunjung ke Aberdeen dan ingin melihat flower bed & walled garden bisa rekreasi ke taman ini. Fasilitas utama seperti bench, trash bin, dan pedestrian walk pada taman ini cukup terawat serta terdapat toilet umum berbayar yang tersedia setiap saat dan taman ini menyediakan informasi mengenai Wedding Photography Enquiries alias bisa foto pra wedding di sini.

Di balik keindahan taman ini, ternyata beberapa bagian dari taman ini telah menderita banjir beberapa tahun belakangan ini dan sedang dilakukan studi kelayakan untuk mengatasi banjir yang terjadi all over the year di bagian tertentu pada taman ini. Studi ini termasuk untuk mengetahui potensi-potensi daerah sekitar Seaton Park yang kemungkinan bisa terkena banjir beberapa tahun ke depan. Jadi selain membenahi diri sendiri, Seaton Park juga tetap melakukan studi untuk daerah sekitarnya. Proyek studi ini dipegang oleh Seaton Park Wetland Project.

VYpcajJiAzxJmFvIpBQcGzDWA1fxvt7Y55huyiC7pBU,Ve9bEVbLjXX_MfI4Y-RnNIJjcUBaK81ZSan8MjvS100
Di Indonesia ada semak seperti yang perak itu, namanya Silver Dust (Senecio cinareria).

Poin yang patut di contoh dari permasalahan yang dialami Seaton Park ialah usaha untuk membenahinya sudah tergerak, jadi tidak berlama-lama dalam masalah banjir. Pemerintahnya bergerak untuk segera menangani masalah yang dialami salah satu ruang terbuka hijaunya. Pendapat pribadi tentang Seaton Park, saya yakin taman ini memiliki perhatian khusus dalam proses perawatannya tapi di balik itu semua pasti selalu ada sisi worth it dari setiap yang diusahakan. Salah satunya area-area flower bed dan ruang bentang hijau di antara pedestrian di taman ini. Mungkin karena fungsi utamanya adalah pedestrian garden di mana dominasi utamanya adalah pergerakan menyebrang, berjalan, melewati maka tidak banyak fasilitas yang didevelop untuk area singgah di taman ini sejak taman ini dibangun. (Photo&Story Contributor: M. Ryan Junaldi)

—————–

Another source:

https://en.wikipedia.org/wiki/Seaton_Park

http://www.aberdeencity.gov.uk/

4 thoughts on “Seaton Park

  1. Tamannya cantik banget yaa.. Jadi keinget pernah daftar di kampus Aberdeen terus ga lulus.. T_T #ngganyambung hihi..

    Public space cantik-cantik banyak juga di Australia. Ngga pernah ke sana sih, cuma dikirimin foto2nya doang.. :D

    1. Dear Starhein,
      Wah pernah daftar di kampus Aberdeen? Jurusan apa? Hihi, gapapa sekalian ngobrol.

      Iya, kalau di Aberdeen kebanyakan public space nya emang lebih dominan softscape nya. Semoga kapan-kapan kita kesempatan main ke Australia ya! Saya juga suka dapat fotonya, bikin pengen ke sana ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s