Tentang Bangun Pagi

Quote of the day.
Quote of the day.

Hai!

Ketemu lagi dengan saya, Marisa Sugangga. Jadi, postingan ini lahir karena tadi malam di jejaring sosial Path, saya menemukan ini:

“Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan” (QS.An-Naba’:11)

“Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya.” (QS. Al-Qashash:73).

“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.” (QS. Yunus:67).

Nah, fyi bahwa sejak saya menjadi mahasiswa arsitektur yang tugasnya overlapping sejak dari jaman mahasiswa baru, jam tidur saya jadi suka kebalik, malam kerja dan pagi tidur, jujur aja badan juga enggak enak banget sih. Akhirnya sejak semester 7 saja berusaha merubah pola hidup tersebut untuk hidup saya yang lebih baik, hehe.

Selain dari memang Allah sudah menyediakan waktu malam kita untuk istirahat, ternyata dari segi kesehatan, tubuh juga memiliki jam detox atau pembuangan racun yang berlangsung pada malam hari. Sebenarnya saya sudah tahu ini sejak semester 4, tapi apa daya karena kalau enggak begadang tugasnya enggak selesai, yaudah dijalani saja.

Kalau karena tuntutan pekerjaan menurut saya tidak masalah tidur malam tapi ketika kita memang memiliki waktu luang dan tidak ada pekerjaan, mencoba tidur adalah hal yang patut dicoba agar pembuangan racun yang tidak terjadi pada saat kemarin kita begadang dapat dilakukan.

Beberapa bulan belakangan ini saya berhasil bangun pagi sekitar pukul 04.00-05.00. Berikut tips yang saya coba terapkan setiap hari:

1. Lebih baik bisa bangun pagi daripada tidur larut

Haha saya sering sekali memberi mindset ini pada otak saya saat malam hari, jadi saya akan berusaha bangun lebih awal untuk menyelesaikan tugas-tugas yang harusnya saya kerjakan sampai larut. Kalau dipikir itungannya sama saja misalnya saya begadang sampai jam tiga pagi lalu saya tidur hingga jam enam. Hitungannya sama saja dengan saya tidur jam 12 lalu saya bangun lagi jam 3. Seperti itu hehe hanya waktunya saja yang berubah (ps: kadang tidak bisa dipungkiri memang ada saat-saat kebablasan dan menyesal udah tidur HAHA)

2. Cuci muka waktu bangun tidur lalu buka jendela

Kata orang tua, rezeki masuk lewat jendela/pintu yang dibuka pagi hari. Jadi setelah cuci muka (lalu beribadah untuk yang menjalankan), kita bisa mencoba ritual buka pintu/jendela di pagi hari. Terbukti menambah semangat untuk saya. Hehe

3. Ini subjektif, tapi untuk saya tidur larut itu membuat mood saya jelek pada harinya.

Serius deh. Saya akan menjadi pribadi yang pms setiap hari kalau tidur saya larut. Sebenarnya saya merasa jadi mahasiswa arsitektur lemah yang nggak suka begadang sekarang :( Maksudnya begini, kalau dulu saya kuat begadang untuk menyelesaikan 2-4 gambar kalau sekarang 2 gambar saja sudah menyerah dan saya memilih tidur untuk melakukannya esok hari. Kinerja memang menurun tapi badan saya enak. Alhamdulillah saya memiliki golden time untuk produktif pada pukul 05.00-09.00, jadi kalau mau ngerjain super ngebut saya harus sudah bekerja pada jam-jam itu untuk mengejar ketinggalan yang kemarin-kemarin

4. Matahari pagi adalah rezeki yang sering luput

Pernah ga waktu kalian bangun pagi terus liat matahari baru terbit, rasanya bahagia dan bersyukur banget masih hidup. Saya selalu ngerasa seperti itu. Rasa syukur karena masih bisa melihat matahari merupakan motivasi tersendiri untuk saya bisa melakukan aktifitas mulai dari pagi hari hingga menjelang waktu tidur ;)

5. Pasang alarm banyak-banyak. Minta tolong bangunin temen via telpon (hp jangan di silent)

coba pasang alarm dengan nada dering super nyebelin sekalian minta tolong papa/mama/temen-temen bangunin pakai telpon, tapi sebelum tidur di cek dulu hpnya jangan di silent. Hehehe

6. NIAT

ini adalah part yang ga kalah penting karena dengan dasar niat yang kuat untuk bangun pagi, temen-temen pasti lebih semangat melakukannya karena niat yang kuat. Nah niat ini akan membantu semua tips yang saya sudah berikan di atas menjadi terealisasikan. Hehe

7. Ini tips bayangan; Melihara kucing -_-

Sebenernya ini bukan tips tapi pengalaman saya. Noel, kucing saya selalu minta makan setiap pukul 05.00-06.00. Di jam-jam segitu, aktifitas mengeongnya menjadi lebih intens dan membuat saya bangun, berdiri, memberi dia makan di teras. Ini yang seringkali membuat saya bangun pagi. Oh, terima kasih Noeeeeeel.

Itu enam tips dari saya, oh iya jangan lupa minum air putih kalau bangun pagi. Semangat hidup sehat. Intinya yang berlebihan tidak baik, kalau kebanyakan begadang tidak baik untuk tubuh karena Allah menganjurkan waktu malam untuk istirahat insya Allah ada manfaatnya untuk tubuh dan pikiran kita. Selamat hari Sabtu selamat weekend ayo main sepeda (dan ngerjain tugas).

Lovelovelove buat semua mahasiswa Arsitektur di dunia, ayo hidup sehat!

IMG_20140224_154500

ps: ini adalah makhluk yang setia bangunin saya tiap pagi alias minta makan :_), oh halo Noel!

———————-

Marisa Sugangga

4 thoughts on “Tentang Bangun Pagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s