Adaptasi

Di sini,

Di Arsitektur Universitas Brawijaya 2010

Aku menemukan banyak sekali teman baru. Bayangkan saja, aku berasal dari Bogor dan datang ke daerah Timur yang baru. Sebenarnya aku lahir di Surabaya, namun karena aku pindah jadi masa remajaku dihabiskan di Bogor.

Teman-teman yang dari SMA yang sama denganku di Bogor ada 6 orang. Namun, karena jurusannya berbeda-beda jadi kami tidak bisa selalu bersama. Akhirnya aku pun harus beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, ternyata tidak sesulit yang aku kira. Teman temanku sangat ramah dan menerimaku. Aku pun merasa tidak kesulitan karena mereka selalu membantuku beradaptasi baik tingkah laku, bahasa, dan kebudayaan. Karena mereka selalu membantu, aku pun cepat beradaptasi dengan lingkungan di sini. Bahkan, aku kembali lagi dengan aksen Jawa-ku yang waktu kecil sudah berhasil aku hilangkan karena aku sekolah di Barat.

Aku sangat sayang pada teman-temanku. Mereka menerimaku apa adanya dan tidak berusaha merubahku menjadi apa yang mereka mau. Mereka memaklumi kekuranganku dan perbedaannku. Aku tidak menyesal harus sekolah di sini. Menurutku, dengan begini, aku jadi tahu dunia lain yang memang harus aku ketahui. Ternyata, dunia itu luas dan masih banyak yang akan kita temukan dengan pengalaman berpindah-pindah seperti ini. Jadi, pesanku, apabila nanti harus ada yang kuliah jauh, tidak usah riskan, karena itulah manusia dengan ragamnya. Dan kamu bakal menemukan apa yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya :) Berusalah beradaptasi ! Itu bukan hal yang buruk kok :)

Leave a Reply

