Futsal

Sebenernya ica bukan salah satu pecinta sepak bola ataupun futsal. Tapi, lagi baca-baca majalah terus ada artikel ini nih. Sepertinya menarik buat pecinta olahraga futsal. Apalagi futsal & sepak bola juga merupakan olah raga kegemaran masyaraakt Indonesia. Karena murah & mudah untuk mencari sarananya, permainan yang ga cuma ngandelin stamina ini juga butuh strategi dan kerja tim yang kompak! :)

Sejarah futsal :

Futsal (Futebol de Salao – dalam bahasa Spanyol) yang artinya permainan bola dalam ruangan. Permainan ini diperkenalkan pertama kali oleh Juan Carlos Ceriani tahun 1930. Permainan ini berhasil berkembang hingga Amerika dan berhasil dikembangkan oleh pemain-pemain terkenal Brasil. Permainan ini bernaung di bawah Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan sudah masuk dalam kategori pertandingan Olympic 2008.

Futsal berbeda dengan sepak bola klasik. Jumlah pemain futsal terdiri dari lima orang per tim, termasuk satu penjaga gawang. Di lapangan kecil berukuran minimal 25m x 42m. Futsal juga hanya memakai waktu 2 x 20 menit ditambah satu menit time-out.

KEUNTUNGAN BERMAIN FUTSAL :

Sehat : Sebelum bermain harus dilakukan pemanasan dahulu minimal 10 menit. Pemanasan yang enggak serius bisa mengakibatkan cedera, kram, atau keseleo. Rajin berolahraga dapat menghindarkan kita dari serangan jantung, penyumbatan aliran darah, dan menurunkan kolestrol. Sehat kaaaaaan………

Kerja sama tim : Kekompakan tim harus ditingkatkan agar komunikasi yang baik terbina antar anggota tim.

Untuk hasil yang maksimal di lapangan, jaga stamina dengan beristirahat sehari sebelum pertandingan dan melakukan pemanasan dengan benar.

Dikembangkan dari : Gogirl! 43/ Agustus 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s