Timing Berbicara

Yaaaaah inilah post yang di posting berdasarkan pengalaman pribadi
Well, sebagai manusia pasti adakalanya pengen kan deingertiin. Begitupun anda semua sekalian …
Ica dapet pelajaran berharga nih dari hidup ica semasa SMA, hmm dinamain “Timing Buat Ngomong” kali yaaa hehe
Jadi gini, kita sebagai sesama manusia, adakalanya berusaha mengerti juga perasaan orang lain. Perasaan dan mood ga ada yang bisa nebak siapapun itu. Tapi biasanya dari raut muka seseorang tuh keliatan ko, mood apa yang lagi dia rasain.
Alhamdulillah, berkat ajaran Mama & Segenap sahabat2 yang baik, ica selalu berusaha jadi orang yang mengerti mood orang lain. Gini misalnya, kita sms temen kita bermaksud cerita tentang masalah kita. Kadang ada orang yang saking kesel sama masalahnya jadi to the point aja, dengan bahasa yang emosi -walaupun maksudnya ga ke temen kita itu- dan dengan berbagai macam tanda emote dll yang mengatakan bahwa kita lagi super emosi, pernah ga terpikir “apakah temen kita yang akan baca amarah2 kita ini lagi ga ada masalah juga?” Biasanya dalam memulai percakapan, ada baiknya dilakukan intermezzo dulu, misalnya ; “Eh lo lagi apa? Apa kabar hari ini?” atau ga “Lagi mood denger cerita ga?” atau engga lagi “Lagi niat serius gaa? Mau cerita nih serius.” Pasti temen kita, walaupun mungkin juga ada masalah, seengganya mental dia udah cukup siap buat dengerin cerita kita mau itu marah2 juga, yang penting dia udah tau bahwa emang dia sedang dibutuhkan untuk cerita…
Dan lagi, sebagai temen yang udah dipercaya jadi temen cerita, ada baiknya kalo membalasnya pun melihat dulu tatabahasanya dari kita. Karena tiap orang punya pelafalan intonasi dan pemikiran yang berbeda. Kalo pun icanya udah intermezzo terus tiba2 temennya ga santai, yaaa bisa dibilang itu sih kaya nyari ribut haha kan icanya lagi butuh temen cerita kenapa jadi dibalikin dia marah2 … Ada baiknya sebelum bales sms atau perkataan orang lain tuh dipikir dulu. Baik ga? Menyakiti ga? Apa intonasinya ada yang salah?
Soalnya ica pernah, lagi sediiiiiiiiih banget terus sms ke seorang temen. Dan dia balesnya ga santai bangettt bahasanya kasar kalo menurut ica, padahal ica ada di posisi yang sedang membutuhkan semangat dan INGET YAAA GA SELAMANYA MOOD ORANG ITU BAIK. Kalo pada saat itu ica moodnya lagi fine sih, mungkin ga akan jadi sesakit hati itu. Tapi kalo moodnya lagi jelek trus ujug2 dibalesnya ga santai dan kasar. Yang ada malah sakit hati. inget yaaa, kalo mau dihargain, hargain orang lain dulu :) Karena, apa yang dilakukan orang lain untuk kita itu juga termasuk cerminan apa aja yang udah kita kasih buat orang lain … Mungkin segitu aja, mohon maaf kalo ada yang kurang sependapat atau kurang setuju. My Blog – cuma pengen share ajaaa :) See you next time, Buddy !

One thought on “Timing Berbicara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s