Art University

Waktu kemarin browsing di internet soal universitas & beasiswa keluar negeri, ga sengaja nemuin tulisan Seoul Art College udah gitu baca-baca artikel tentang itu semua. Hem, terlintas beberapa pikiran yang (lagi-lagi) mengundang banyak pertanyaan. Besoknya, pas lagi pelajaran Fisika, kita, XII IPA 2, lagi nyatet tuh. Trus, inget apa yang ditemuin semalem. Langsung nyeletuk ke temen sebangku ica, Isal ;

Ic : Sal, di Indonesia ada kan universitas yang khusus kesenian?
Is : Ada. Tuh IKJ
Ic : Oh, tapi bagus kan sal ?
Is : Iya kok bagus
Ic : Tapi kok kayaknya kurang peminat ya, Sal? Kalo di luar negeri sana yah, universitas kesenian gitu, eem kayak Seoul Art College, peminatnya banyak loh
Is : Ih, emang iya di sini gitu Cha. Kalo di sana kan penghargaanya gede kali
Ic : Kalo di sana, kuliah di jurusan apa juga pasti ada peluang kerjanya ya Sal? Kayak lulusan kesenian aja udah bisa kaya banget sama hasi karya seninya, terus misalnya astronomi di sana kan dikembangin & maju banget yah. Jadi, lulusan astronomi juga kan peluang kerjanya juga terjamin yah Sal.
Is : Emang iya
Ic : Kalo di sini, yang mau diambil cuma yang udah banyak lapangan kerjanya. Misalnya yah, kaya gue nih, mau masuk Biologi/Astronomi, pasti semua bilang, ih emang mau kerja jadi apa? Emang apa kerjanya? Mendingan Tehnik ato ini dan bla-bla-bla
Is : Iya cha, gue aja mau masuk Tehnik Mesin aja banyak yang komentar
Ic : Hem, jadi di sini harus pilih-pilih jurusan ya? Kalo di luar negeri sana, masuk jurusan apa juga pasti banyak lapangan kerjanya ya sal, udah gitu penghargaannya tinggi
Is : Iya

Hem, tapi pertanyaan ini juga langsung terjawab waktu siangnya ada pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) oleh Pak Fathony, kata beliau ;

Sekarang semua orang maunya yang udah banyak aja, semuaaaaa mau jadi Dokter (kebanyakan), coba kalo semua jadi dokter? Siapa yang ngurusin biologi coba? Yang ngurusin lain-lain siapa? Harus ada kemauan dari diri sendiri untuk memajukan bidang yang kita geluti

Waaaah, bijak sekali ya :)
Hehe, sebenernya arah notes ini kemana sih?
Jadi intinya, kalo kita emang bener-bener menggeluti bidang yang kita suka -tanpa memikirkan pamrih-, insya Allah ada balasannya kok. Dan lagi, itu bersifat jamak/untuk banyak orang. Jadi, ga usah takut sama komentar orang-orang tentang jurusan yang akan kita masuki. Toh, kita yang menjalani semua ;) Emang mungkin, penghargaan di sini, untuk jurusan yang kurang peminat, engga sebesar di luar negeri sana, tapi ini negeri kita, Indonesia. Be proud of it !

NB : rezeki, ga akan ke mana-mana , teman. asalkan kita mau berusaha “EXTRA”

One thought on “Art University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s