Diskusi Panel

7 April 2009 – 07.30 WIB – XI IPA 2 SMAN 1 Bogor

kalo kata Nie, hari ini adalah hari bantal! muka orang2 udah pada lesu ngantuk gara2 cuaca pagi ini mendung alias enak banget buat tidur. Semuanya udah pada letoy dan masuk hari ini gara2 ada pelajaran Kimia yang sayang banget buat dilewatkan. Nah, jam pelajaran pertama adalah Bahasa Indonesia. Kebayang aja pagi2 bantal gini, muka pada ngantuk, disuruh belajar Bahasa Indonesia. Makiiiiiin ga semangat aja kan anak2. Kayaknya di pikirannya udah ada pikiran jahat buat tidur. Nah, akhirnya… Materi pembelajaran kali ini adalah diskusi panel. What the meaning ? Ternyata, Panelis itu sama halnya dengan pembicara di dalam suatu ajang diskusi/musyawarah. Diskusi panel kali ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 4 orang panelis, 1 moderator, dan 1 notulen. Nah, kelompok diskusi ini dibagi berdasarkan barisan dan tiap barisan menunjuk siapa perwakilan yang bkal jadi panelisnya. Barisan kami mengambil tema PEMILU 2009, nah akhirnya terpilihlah :

1. M. Ridzky Wibowo sebagai Moderator
2. Khairani Tasrida sebagai Notulen
3. Tubagus Pradika sebagai Panelis 1
4. Haekal Affandi sebagai Panelis 2
5. Marisa Sugangga sebagai Panelis 3
6. Mufti Faisal Hakim sebagai Panelis 4

nah, ternyata diskusi panel dadakan ini ga semenyedihkan yang kita kira, karena ada Mufti alias isal yang ngerti banget tentang PEMILU 2009. diskusi ini dibagi atas 4 bagian, yaitu pemilu dilihat dari segi politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya
nah dari segi :

panelis 1 – politik : pemilu terkadang melakukan kampanye dengan tidak sehat. kecurangan pun tidak pernah luput dari pemilu
panelis 2 – ekonomi : pemilu adalah pemborosan. lihat saja dari kertas suara yang begitu besar . mengapa tidak dibuat seminimalis mungkin agar dapat meminimalisir dana yang telah terbuang untuk pemilu, karena saya yakin . dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit .
panelis 3 – pendidikan : dalam pemilu, pasti ada kampanye . kampanye telah memberikan pendidikan yang kurang baik . karena, sebagian besar kampanye diiming-imingi uang . misalnya, dengan menggunakan kaos dan ikut berkampanye, akan diberikan uang Rp 20.000 . bahkan anak2 yang belum cukup umur pun mengikuti kampanye . berarti mereka ikut dikarenakan uang bukan karena keinginan sendiri . misalnya hari ini partai A datang, si Z ikut berkampanye dan mendapatkan uang, esoknya partai B datang, dan si Z ikut berkampanye juga karena diiming-imingi uang . apakah itu konsisten ?
panelis 4 – budaya : keadaan2 yang kurang baik ini dikarenakan budaya yang telah melekat di masyaralat . seperti halnya dangdutan di saat kampanye . sebenarnya ini adalah contoh yang kurang baik, namun hal itu telah dianggap biasa oleh masyarakat dalam hal berkampanye .

(maaf yaa, kalo ada argumen yang salah)

pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempunyai wibawa dan mampu membuat orang2 memilihnya karena kharismanya. bukan karena diiming-imingi sesuatu . ingatlah zaman dahulu kala, saat Ir. Soekarno, beliau terpilih karena kecerdasannya dan wibawanya, bukan karena diiming-imingi sesuatu . maka dari itu . pilihlah yang baik, yang mampu membawa negeri ini menjadi negeri yang bermartabat .

kesimpulan diskusi : pemilu 2009 belum menemukan pencerahan dari 4 segi yang telah kita sebutkan . smoga, pemilu 5 tahun mendatang, bisa menjadi pemilu yang benar2 bersih dan bermakna . amiin

wahh, setelah diskusi ini, kelompok kami mendapat applause yang meyakinkan para audience. sebenarnya ada sesi tanya jawab yang seru juga. namun mata ini lagi tidak bersahaba, tiba2 ngantuk, yasudah nanti kita lanjutkan lagi . maaf jika ada yang kurang setuju dengan argumen2 kami :)

4 thoughts on “Diskusi Panel

  1. HAHAHAHA gue baru baca loo chaaa ;) semogaaaa nanti bisa jadi pemimpin yang baik yaaaaa hahahaha banggas tuh obsesi jadi presiden hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s