Domba Dolly

Pernah nonton film-film yang ada kloning-kloning nya ?
Kayaknya canggih banget yah … Tahu kan kalo dunia udah berhasil mengembangkan teknologi kloning pada seekor domba.
Domba kloning itu dinamakan domba Dolly. Dolly lahir pada 5 Juli 1996. Dolly adalah seekor domba betina.
Pengkolaan dilakukan dengan menyiapkan sel telur yang sudah diambil dengan menyiapkan sel telur yang sudah diambil intinya lalu disatukan dengan sel dewasa dari suatu organ tubuh, hasilnya ditanam di dalam rahim seperti halnya embrio bayi tabung. Dua peneliti yang berhasil melakukan pengklonaan pada domba ini bernama Ian Wilmut dan Keith Cambell, dua peneliti dari Institut Roslin Skotlandia
Dolly bukanlah domba klona pertama. Megan dan Morag adalah domba klona pertama yang berasal dari embrio yang sama. Artinya yang satu adalah klona dari yang lain. Dolly berbeda dengan Megan dan Morag karena Dolly merupakan klona dari domba yang sudah dewasa.
Meskipun kelahiran Dolly dianggap sebagai kesuksesan besar di bidang bioteknologi dan teknologi reproduksi, Dolly ternyata mengidap berbagai pernyakit seperti layaknya domba lanjut usia ketika ia baru beranjak dewasa. Dolly terpaksa disuntik mati karena beratnya penyakit yang dideritanya ketika baru berusia 6 tahun, setengah dari usia domba biasa.

Mengapa adonan roti mengembang ?

Adonan roti didiamkan selama sekitar 1 jam. Selama 1 jam tersebut, sel yeast melakukan respirasi anaerobik atau fermentasi alkohol. Fermentasi akan menghasilkan etanol, karbon dioksida, dan energi. Energi dipakai oleh yeast untuk tumbuh dan memperbanyak diri. Karbon dioksida terperangkap di dalam adonan dalam bentuk gelembung gas. Saat adonan dipanggang dalam oven, panas oven menyebabkan adonan menbgembang dan ukurannya membesar. Ibi karena gas mengembang jika temperatur tinggi. Panas menguapkan etanol dan membunuh yeast sehingga fermentasi terhenti. Hasilnya, roti akan berwarna kekuningan dan lembut sebaliknya jika tidak beruntung, roti akan keras dan padat.

Apartment 1303

Hem ..
Saking TAKJUB nya sama film ini. Icha dan teman-teman yang nonton ngga bisa ngomong apa-apa. Sampe bingung harus ngomong apa lagi. Udah di studio nya rusuh banget lagi gara-gara icha nya ketawa-ketiwi terus sama tia. Eh… Penonton lain di 30 menit terakhir ikut-ikutan ketawa terus. Jadi icha dan teman-teman telah berhasil menyingkirkan kesan mistis ! hahhaha… dasar pengacau!
Pas kita keluar studio, masih menyisakan banyak pertanyaan, inilah pertanyaan dari teman-teman saya dan saya sendiri ;

tia : “hemm…Kok gue masih amazing yah sama film tadi ?”
icha : “(bengong) masih mikirin nih tentang film tadi. Beneran tadi Horor Asia yah ?”
djirjize : “jadi sebenernya maksud sutradaranya bikin film tadi tuh apa?”
handzan : “gue dan kalian ga akan pernah nyesel nonton nih film. cuma ada sekali dalam hidup lu semua!”

yahh … begitulah komentar teman-teman icha tentang film yang kita tonton seharga Rp 15.000 di XXI Botani Square.
jadi, terserah anda. Apakah berminat menontonn film yang berbahasa Jepang tersebut? ” :)
hehehehehe …

SAYURAN FERMENTASI

Sayuran difermentasi menjadi acar dengan menggunakan berbagai jenis bakteri seperti Streptococcus, Lactobacillus dan Pediococcus.
Mikroorganisme tersebut mengubah zat gula yang terdapat dalam sayuran menjadi asam laktat. Asam laktat yang terbentuk dapat membatasi pertumbuhan mikroorganisme lain dan memberikan rasa yang khas pada sayurang yang difermentasi. Sayuran yang difermentasi dikenal dengan nama acar.

bersyukur

Ada kalanya kita menjadi orang yang benar-benar mensyukuri nikmat Allah ..

Tapi …

Ada kalanya juga kita menjadi orang yang tidak mensyukuri dengan apa yang telah ada dan Allah berikan ke kita . ;(

Jadi, sebenarnya yang paling baik adalah selalu dan selalu mensyukuri apapun nikmat yang telah Allah berikan .

Dan , kadang kita harus mensyukuri cobaan yang telah Allah berikan ke kita, karena itu tandanya Allah masih sayang pada kita dan ingat bahwa kita adalah hamba yang terpilih untuk menjalani cobaan yang akan Allah berikan ;)

jadi … KEEP SMILE for any troubles do you have !