biologii.im lovin it soo ~

Mau jadii biologiers :))

Mau bagi” sesuatu buat smuaa…Hari ini guruku nan baik hati yang bernama Dani Yuliardani S.P yang ngajar biologi di SMAN 1 Bogor ngajarin aku tentang Animalia, Animalia mencakup phylum-phylum yaitu Porifera, Cnidaria, Platyhelmintes, Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, Echinodertmata, Chordata. Yang hari ini dibahas spesifik itu tentang filum Nemathelmintes ( Yunani, nema = benang, helmintes = cacing ) disebut cacing gilig soalnya tubuhnya bentuknya bulat panjang atau seperti benang. Memiliki rongga tubuh meskipun bukan rongga tubuh sejati ( pseudoselomata ). Klasifikasinya Nemathelmintes yang udah diidentifikasikan sekitar 80 ribu spesies, tapi katanya sih jumlah spesies sesungguhnya diperkirakan mencapai 10 kali lipat dari spesies yang teridentifikasi.
Dua kelas Nemathelminthes yaitu Nematoda dan Nematophora.
Nematoda yang akan dibahas adalah Nematoda yang merugikan tubuh manusia atau parasit

Ascaris lumbricoides (cacing perut)
Hidup di dalam usus halus manusia, berkembang biak hanya dengan cara seksual. Cacing betina lebih besar daripada cacing jantan, jantan dewasa panjang tubuhnya sekitar 15-31 cm dngan diameter 2-4 mm.
Infeksi cacing ini menyebabkan penyakit askariasis atau cacingan, umumnya menyerang anak-anak. Infeksi terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang tercemar telur Ascaris.
Ancylostoma duodenale (cacing tambang)
dinamakan cacing tambang karena ditemukan di pertambangan daerah tropis. Cacing tambang hidup dengan menyerap darah dan cairan pada usus halus manusia.
Oxyuris vermicularis (cacing kremi)
karena ukurannya kecil, maka itu ia dipanggil cacing kremi.. Hidup di dalam usus besar manusia. Cacing kremi ini sih ngga menyebabkan penyakit berbahaya, cuma rada ngeganggu aja. Infeksi cacing kremi tidak memerlukan inang perantara. Telur cacing kremi dapat tertelan bila kita memakan makanan yang terkontaminasi telur cacing. Autoinfeksi ialah pengulangan daur infeksi cacing kremi. Cacing ini bertelur pada anus penderita dan menyebabkan rasa gatal. Jika penderita menggaruk anus nya saat itu, dan tidak menjaga kebersihan makannya, misalnya tangannya langsung dibuat makan :)) , infeksi oleh cacing kremi akan terulang kembali.
Wuchereria bancrofti
dinamakan juga cacing filaria. Tempat hidupnya ialah di dalam pembuluh limfa. Cacing ini dapat menyebabkan penyakit kaki gajah yaitu pembengkakan terjadi karena akumulasi cairan di pembuluh limfa yang tersumbat oleh cacing filaria. Cacing filaria masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Culex yang banyak di daerah tropis :(( Hiiiii …. Serem .
yang terkahiir itu
Trichinella spiralis
cacing ini hidup di dalam otot manusia dan dapat menyebabkan kerusakan otot. Manusia yang terinfeksi cacing ini karena makan daging yang dimasak kurang baik.

udah banyak kan aku cerita tentang cacing gilig nan bulet-bulet. Doaiin ya bisa kulih di jurusan Biologi :) aku suka biologi, tapi TAKUT BANGET sama CICAK, CACING, SIPUUT, TOKEK, *( gga pernah beranii, jadi gimana dong?? jadi binguung, tapi suka biologi, cuma ga mau megang yang aneh”.. hhehhhehehee . jahat ya aku pilih kasih, oiya, kalau sampai ada nama genus atau spesies yang salah kasih tau, atauuu yang mau nanya juga boleh selagi masih bisa dijawab, nanti diusahain dijawab, walaupun jawabnya lamaa, abisnya ica tuh jarang ke warnet :) hhehhe . maaaf yyaaa ~ suka bio bio bio . suka sukaa , doaiin ya smuuuaaa :D NICE TO MEET YOU ! kalau sampe ada yang salah, harus bilang yyaa *) namanya juga belajaar, ga ada yang sempurna kan, ca juga bukan guru. Cuma murid yang mentransfer sbagian kecil ilmu biologi di Indonesia ini :)

10 thoughts on “biologii.im lovin it soo ~

  1. Trichinella spiralis itu sama dengan cacing pita nggak Ca. Soalnya mas pernah nonton film “House” episode tentang cacing pita yang ada di Babi.

    Karena memasak daging babinya kurang benar, si telur cacing pitanya masuk kedalam tubuhnya. Ngeri lho, cacing pitanya berkembang biak kemana-mana ada yang di otak sampai ke kaki kaki.

    Yang di otak dia mampu membuat semacam plasma gitu, jadi mengganggu kerja otak, jadinya orang itu jadi kehilangan fungsi bicara & keseimbangan tubuh. Hiiii …ada cacing pita di Babi.

    Jadi Trichinella spiralis sama dengan cacing pita nggak ?

  2. aduh lieur nieh…nyari tugas IAD. Puyeng. pengen tahu banyak nieh tentang Biologi. Aku kan bukan anak IPA< tapi Sekretaris

  3. hehehe :D
    ini postingan awal tapi rame pengunjung, alhamdulilah
    ga awal juga siiih :) tapi awal bikin blog hehe

    @ fathimah : itu hafal loh :D saking hafalnya sampe kata2nya sama yaaa ?? hehe

  4. ada yang lebih lengkap, gak???? kok gak ada gambarnya sih???? mumpung aku lagi di kasih tugas ma guru aku, pleasa, bantuin dong!!!!

  5. Wuiiihh….kereeeennn!!! Biologiwan sejati niy? :)
    Sampai apal segitunya.
    Didoain deh semoga bisa kuliah di jurusan Biologi.
    Amiieeen!!

    Jadi inget waktu SMA aku juga suka biologi, tapi sukanya genetika, ga suka soal cacing-cacingan lieurrr ngapalinnya hehe…
    Kuliah malah dapatnya campur-campur, biologi ada, kimia ada, fisika juga ada. Campur-campur deh semua ada di sini hehehe….

    Sukses yah buat Icha :)

  6. Hai Icha, makasih yah dah berkunjung ke blogku & ngasih comment.
    Commentnya sudah kuapprove & ku reply.
    Bisa dilihat di blogku yah :)

    Btw, kenapa pengen ke ITB Cha?
    Hehe…cuma pengen tahu aja.

    Good luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s